Erafone Pelopori AndroidNation Pertama di Dunia

PT Erafone Artha Retailindo (Erafone) menggebrak dunia telko. Kali ini perusahaan ritel perangkat telko selular Grup Erajaya  itu memelopori kehadiran jaringan outlet  berbasis operasi sistem (OS) Android, yaitu AndroidNation. Outlet ini tidak sekadar menjual produk, tapi juga mengedukasi pasar dan memberi solusi ke pelanggan.

Terobosan Erafone ini diklaim yang pertama di dunia. “Outlet ini pertama kali di dunia. Khusus menyediakan perangkat berbasis Android beserta layanan dan aksesorisnya. Berbagai produk smartphones dan tablet berbasis Android terbaru dan terlengkap dari banyak brand ada di outlet AndroidNation,” ujar Djatmiko Wardoyo, Direktur Komunikasi Pemasaran Grup Erajaya.

Kehadiran AndroidNation merupakan wujud kepedulian Erafone dalam memberikan nilai tambah ke mitra bisnis plus pelopor industri ritel selular. "Kami bekerja sama Google untuk memperkenalkani cara baru bagi pengguna dalam memahami teknologi Android dan berbelanja perangkat Android yang lebih nyaman,” tambah Jeremy Sim, Business Development Director Erajaya Group. Menurutnya, pembukaan outlet ini merogoh kocek sekitar US$ 200 ribu yang bersumber dari moda Erajaya.

Outlet perdana AndroidNation terletak di lantai 4 Senayan City seluas 132 meter2. Dan hampir semua produk berbasis platform Android tersedia. Mulai dari merek Acer, Dell, LG, HTC, Motorola, Samsung dan Sony Mobile menyediakan ponsel pintar dan tabletnya.

Apa saja keunikan AndroidNation? “Setidaknya ada 6 keistimewaan,” aku Djatmiko. Pertama, atmosfer outlet unik. Sejak masuk ke toko AndroidNation dapat merasakan nuansa baru dalam berbelanja dan pengalaman menjajal perangkat Android. Konsep desain dilengkapi dengan fasilitas corner connect and download, apps café hub, flexible perimeter system, giant LED scree.

Kedua, ada live demo multibrand Android device dan accessories. Sehingga pelanggan bisa mencoba, membandingkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Ketiga, expert advice. Artinya, para front liner yang sudah dibekali secara khusus untuk mendapatkan pelatihan dari Google .

Keempat, ada Apps Café yang khusus mencari memilih dan mendownload berbagai aplikasi Android dari Play Store. Kelima, PlayZone sebagai wahana hiburan, seperti Androidify Me Station, Gaming Port, dan Entertainment Port. Keenam, free Wi-Fi.

Bagaimana prospek bisnis AndroidNation? “Peta persaingan smartphones dan tablet  setahun terakhir ini sangat ketat. Dan saat ini kami bermitra dengan hampir semua vendor global,” jelas JW Kim, Direktur PT Erafone Artha Retailindo tentang masa depan bisnis Androidnya. Prediksi Kim itu diperkuat oleh opini Agus Djatmiko, pendiri komunitas Android ID sekaligus penggagas toko 100% Android itu. “Saat ini ada 11 ribu anggota komunitas Android di Indonesia,” ucapnya. Apalagi, saban hari ada 1 juta perangkat Android aktif di dunia dan tiap detiknya ada 12 unit. Untuk jumlah anggota Android di Indonesia, mayoritas tersebar di Jabodetabek,  Surabaya plus Makassar.

Bahkan, setelah gerai pertama ini, AndroidNation akan ekspansi. Rencananya hingga akhir tahun 2012, segera dibuka dua outlet baru AndroidNation di beberapa lokasi di Jakarta dan Surabaya.

Tentu saja kehadiran AndroidNation kian mengukuhkan Erajaya sebagai raja ritel perangkat telko selular di Tanah Air. Lihat saja, tahun 2012 Erajaya sudah menargetkan memiliki 70 outlet baru Erafone. Hingga awal Juni 2012 jumlah gerai Erafone secara keseluruhan tercatat 326 outlet. Asal tahu saja, Erajaya pada 30 Mei 2012, melalui anak usahanya bernama PT Data Citra Mandiri telah mengakuisisi brand iBox Store, toko khusus menjual produk-produk Apple Inc., senilai US$ 18 juta. Kini, jumlah gerai iBox sekitar 20 outlet di Jakarta.

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)