Ericsson-NTT Docomo Kembangkan Uji Coba 5G Tahun ini

NTT Docomo menggandeng Ericsson dalam uji coba teknologi 5G tahun ini. Operator mobile terbesar asal Jepang ini memang tengah menyiapkan evolusi 5G yang ditandai dengan peningkatan yang dramatis dalam jumlah koneksi mobile broadband dan volume trafik. Dengan sistem uji coba 5G Ericsson, NTT Docomo berencana untuk mencapai tingkat bit ultra-high hingga lebih dari 10Gbps serta memberikan kemampuan jaringan radio lebih dari 1.000 kali jaringan LTE saat ini.

1004955_680197312037026_2138326296_n
"Kami menghargai bahwa 5G akan memberikan peningkatan kinerja yang signifikan untuk mendukung aplikasi baru di masa depan yang akan berdampak pada pengguna maupun industri. Kami berharap dapat menunjukkan potensi teknologi akses radio 5G melalui percobaan eksperimental ini," terang Seizo Onoe, Executive Vice President dan Chief Technical Officer di NTT Docomo.

Sementara itu, Ulf Ewaldsson, Senior Vice President dan CTO dari Ericsson, menjelaskan bahwa 5G akan menjadi komponen kunci dalam gerakan industri menuju Masyarakat Berjejaring (Networked Society). “Ini merupakan langkah penting dalam transformasi industri yang sedang kami alami," ungkapnya

Di sisi lain, Ericsson juga telah mengembangkan teknologi antena canggih dengan bandwidth yang lebih luas, frekuensi yang lebih tinggi dan interval waktu transmisi yang lebih pendek, serta stasiun radio yang dibangun dengan unit baseband dan unit radio yang dikembangkan secara khusus untuk uji coba 5G. Uji coba lainnya meliputi bidang teknologi yang berkaitan dengan arsitektur makro/small cell yang didasarkan pada jaringan yang heterogen, komunikasi broadband menggunakan pita frekuensi di 15GHz, dan kecepatan tinggi serta transmisi kapasitas tinggi. Ericsson akan bekerja sama dengan NTT Docomo pada uji coba di luar ruangan yang akan berlangsung di Yokosuka, Jepang. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)