Everstore, Alternatif Toko Android Lokal Berkualitas Global

Popularitas Android yang kian moncer tidak disia-siakan begitu saja. Bagi pelaku bisnis telko yang jeli, justru potensi Android bisa ditangkap sebagai peluang emas. Untuk itu, Evercoss sebagai produsen ponsel Indonesia dan Baidu Indonesia, pengembang aplikasi yang berpusat di Tiongkok, sepakat bersinergi meluncurkan toko aplikasi online dengan label: Everstore.

(ki-ka) Janto Djojo, Chief Marketing Officer Evercoss Mobile. dan Bao Jianlei, Managing Director Baidu Indonesia (ki-ka) Janto Djojo, Chief Marketing Officer Evercoss Mobile.
dan Bao Jianlei, Managing Director Baidu Indonesia saat peluncuran Everstore

Segmen pasar yang dibidik Everstore adalah para pengguna smartphone merek Evercoss. Dipilih produk smartphone karena penggunanya banyak berbasis Android. Maklum, Android dikenal sebagai sistem operasi terbuka yang banyak menawarkan keunggulan dan aplikasi, yang dapat dinikmati oleh penggunanya.

“Toko aplikasi online Everstore didesain khusus untuk pengguna smartphone dan tablet Evercoss yang menawarkan banyak kemudahan dan beragam pilihan aplikasi sesuai kebutuhan pengguna Android di Tanah Air,” jelas Janto Djojo, Chief Marketing Officer Evercoss Mobile.

Dalam kerja sama ini, Baidu dan Evercoss menyediakan teknologi app store yang telah dilengkapi dengan lebih dari 500.000 aplikasi di dalamnya. Baidu sendiri telah memiliki jaringan distribusi untuk aplikasi mobile dengan jumlah distribusi aplikasi lebih dari 300 juta setiap harinya.

Mengapa Evercoss pilih kerja sama dengan Baidu?

Menurut Bao Jianlei, Managing Director Baidu Indonesia, di Indonesia sendiri Baidu memiliki basis pelanggan besar untuk sejumlah aplikasinya. Lihat saja, ada 4.5 juta untuk pengguna Baidu Browser, 14 juta pengguna DU Battery Saver dan 5 juta pengguna DU Speed Booster. Selain itu, Baidu telah meluncurkan beragam aplikasi mobile, web, dan PC untuk pasar Indonesia.

Produk smartphone dan tablet Evrcoss bisa untuk mengakses toko aplikasi online Everstore Produk smartphone dan tablet Evercoss bisa untuk mengakses toko aplikasi online Everstore

“Baidu merupakan perusahaan Internet yang bergerak di bidang search engine, pengembang aplikasi PC dan Mobile. Di Tiongkok, Baidu menguasai lebih dari 80% market share untuk mesin pencari. Baidu juga memiliki jaringan distribusi untuk aplikasi mobile dengan jumlah distribusi aplikasi lebih dari 300 juta per harinya,” jelas Bao Jianlei.

Sebagai pendatang baru di pasar Indonesia, Baidu memiliki strategi khusus: fokus dengan fitur dan lokalisasi konten, agar produk Baidu dapat digunakan dengan mudah oleh masyarakat Indonesia. “Kami percaya dengan lokalisasi konten, masyarakat Indonesia dapat dengan mudah menggunakan produk Baidu,” ujarnya.

Bagi Baidu, sinergi kedua belak pihak ini merupakan langkah awal yang positif. “Kami sangat senang dapat menggandeng Evercoss sebagai salah satu brand ponsel nasional yang banyak dikenal. Melalui Everstore, kami ingin berkontribusi dalam mengembangkan ekosistem internet mobile di Indonesia serta membantu para pengembang aplikasi Android lokal untuk memasarkan aplikasinya,” Bao Jianlei menambahkan.

Kehadiran Everstore tidak melulu mengejar target bisnis. Melainkan, juga bertujuan mulia untuk membantu pengembang aplikasi lokal di negara kita. Itulah sebabnya Everstore membuka kesempatan memajukan para developer (pengembang aplikasi) Android loka dengan cara mengajak bergabung dan menjual aplikasinya di Everstore.

“Kami memiliki keyakinan bahwa karya anak bangsa tidak kalah hebatnya dengan karya bangsa lain. Ini hanya soal kesempatan yang belum diberikan secara optimal kepada mereka. Kami berharap kehadiran Everstore dapat mendorong potensi mereka hingga dapat terekspos secara global,” ungkap Janto.

Untuk memperkuat misi mulia tersebut, Everstore diberi slogan “Glocal Apps”. Glocal dari kata “Global” dan “Local”. Glocal Apps Store dapat diartikan sebagai toko aplikasi berbasis lokal namun berkualitas global. Everstore mengakomodasi kebutuhan para pengguna perangkat Android di Tanah Air dan mendorong tumbuhnya industri kreatif di bidang aplikasi mobile.

Bagaimana dengan sistem pembayaran pembelian aplikasi ini? Jika kebanyakan transaksi online dibayar dengan kartu kredit, tapi karena rata-rata orang Indonesia lebih suka melakukan pembayaran secara tunai atau transfer yang lebih simpel, maka pihak Evercoss dan Baidu sepakat pembayaran untuk Everstore dilakukan melalui pemotongan pulsa, sehingga lebih praktis.

Ke depan, Janto optimistis Everstore mampu melenggang tanpa hambatan di pasar aplikasi Indonesia. Dengan dukungan lebih dari 500.000 aplikasi merupakan daya tarik tersendiri dalam memaksimalkan penggunaan device Evercoss yang saat ini memang menjadi market leader di pasar Indonesia.

Selanjutnya, dalam kerja sama ini, Baidu dan Evercoss akan terus mengembangkan inovasi teknologi untuk mendukung Everstore, dengan harapan para pengguna Evercoss bisa mendapatkan manfaat dan kemudahan dalam mencari aplikasi-aplikasi favorit di ponselnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)