Facebook Berbagi Tips Eksis Bisnis Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan tiga bulan lagi akan tiba. Bulan suci ini  menjadi peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis digital. Aktivitas bisnis di dunia digital bisa dikatakan meningkat karena mayoritas orang Indonesia sangat aktif dengan gadget-nya di periode tersebut, di mana mobile phone telah menjadi pendamping setia bagi masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Cara masyarakat Indonesia dalam menemukan konten dan informasi yang mereka butuhkan pun turut berubah seiring dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang begitu cepat.

Di satu sisi ini jelas menjadi peluang karena para brand bisa menjadikan periode ini sebagai momentum meningkatkan intensitas iklan. Sementara di sisi lain menjadi tantangan karena ada kesamaan cara beriklan yang berulang itu-itu saja tiap tahunnya, serta media untuk beriklan menjadi mahal karena brand saling berebut tempat.

Acara Facebook Win on Ramadhan

Untuk membantu brand mendorong pencapaian bsinis pada bulan Ramadhan, Facebook telah mengadakan sebuah workshop industri berjudul Create to Convert, di mana para pelaku industri dapat belajar dari Facebook dan berbagi informasi. Sebuah workshop selama dua hari untuk berbagi best practices mengenai bagaimana bisnis dapat memanfaatkan mobile dengan lebih baik di Bulan Ramadhan.

Sri Widowati, Country Director Facebook Indonesia, dalam acara Facebook Win on Ramadhan yang diselenggarakan di Jakarta akhir pekan lalu,  menyatakan bahwa Facebook memahami pentingnya Bulan Ramadhan bagi masyarakat dan pengusaha di Indonesia, dan ingin membantu mendorong pertumbuhan bisnis para pengusaha di mobile.

“Kami memahami pentingnya  Ramadhan bagi masyarakat dan pengusaha di Indonesia, inilah mengapa kami menyelenggarakan acara hari ini. Misi kami adalah membantu menghubungkan orang dengan bisnis yang penting bagi mereka dan ini menjadi sangat penting selama  Ramadhan karena kebanyakan orang Indonesia sangat aktif di mobile pada periode tersebut. Berdasarkan apa yang kami lihat, mobile menjadi sumber utama berbagai hal di bulan Ramadhan. Hal ini membuka peluang bagi bisnis untuk menjangkau 93 juta orang Indonesia di Facebook dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka di mobile. Sebagai bagian dari komitmen kami untuk membantu bisnis, kami mengadakan Create to Convert,. Dengan workshop tersebut, kami berharap brand bisa mendapatkan manfaat dan belajar dari masukan yang muncul dalam acara tersebut untuk membuat kampanye mereka menjadi lebih luar biasa,” ungkapnya.

Insight dari Facebook selama Ramadhan adalah pertama, konsumen mulai melakukan browsing untuk aktivitas Ramadhan sejak awal April. Kedua, lebih dari 27% kegiatan berbelanja terjadi selama Bulan Ramadhan tersebut (Juni). Ketiga, Masyarakat terus melakukan kegiatan berbelanja dan berinteraksi dengan berbagai aplikasi setelah Ramadhan.

Selama  Ramadhan, terdapat lebih dari 89 juta orang mengakses Facebook di mobile dan 96% postingan Facebook dilakukan di mobile. Lalu 60% orang Indonesia menjadi lebih dekat dengan teman dan keluarga melalui mobile. 1 dari 2 orang Indonesia menggunakan mobile untuk merencanakan aktivitas sosial, dan 2 dari 3 orang tetap menggunakan mobile selama menonton televisi. Selain itu, konten video juga melonjak pasca Bulan Ramadhan.

Lalu berdasarkan insight terbaru dari Facebook selama bulan suci Ramadhan, bisnis bisa menjadi mitra yang tepat bagi kaum perempuan karena 97% postingan Facebook diposting oleh kaum perempuan di mobile selama bulan suci Ramadhan dan 1 dari 2 perempuan menggunakan Facebook untuk mendapatkan inspirasi selama bulan suci Ramadhan. Bisnis memiliki peluang besar untuk menjangkau audiens perempuan yang aktif di Facebook. “Siapa yang paling berperan dalam aktivitas di Bulan Ramadhan berjalan dengan baik? Dia adalah kaum perempuan,” pungkas Widowati.

NutriSari dan Zalora, brand yag hadir dalam acara ini menanggapi positif dari workshop yang diselenggerakan Facebook tersebut. Susana, Head of Marketing NutriSari mengatakan, “Kami menyadari bahwa tidak mudah untuk merebut perhatian konsumen di bulan Ramadhan karena banyak brand yang beriklan pada periode tersebut. Namun, insight dari Facebook selama bulan suci Ramadhan membantu kami untuk mendapatkan hati dan perhatian para konsumen mobile first saat ini.”

Sementara itu Reuben Philip, Head of Social and Mobile Marketing Zalora, menyatakan banyak mendapat manfaat yang bisa diambil dari workshop, seperti dapat mengidentifikasi empat pendekatan strategis berkaitan dengan video. Pendekatan tersebut termasuk Basic motion, Brand in motion, Message in motion, dan Demo in motion. Melalui implementasi dari pendekatan strategis tersebut, kami telah meningkatkan jumlah add to cart kami, jumlah unduhan serta pesanan. Dukungan yang diberikan kepada kami dengan clien solution dari Facebook dan tim data science di setiap tahapan pelatihan sangat luar biasa dan sangat membantu kami dalam mengekseskusi workshop dengan sangat efisien. Kami tentunya menantikan lebih banyak lagi workshop Create to onvert di kemudian hari,” ungkap Reuben.

 

Editor: Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)