Facebook Summit Kedua Fokus Bangkit dari Pandemi

Facebook Summit Indonesia kedua yang digelar hari ini (10/11/2020) bertujuan untuk merayakan kehadiran komunitas dan bisnis yang telah membangun interaksi melalui Facebook. "Facebook hadir untuk memberikan dukungan agar pelaku bisnis dapat saling belajar, berbagi inspirasi, dan beradaptasi dengan kekuatan digital," ujar Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian.

Sepanjang tahun 2020, Facebook telah melakukan beragam kemitraan dan kolaborasi untuk membantu komunitas dan bisnis lokal agar dapat bertahan dan beradaptasi. Di antaranya kampanye #TumbuhdiFacebook, kolaborasi dengan Kementerian Perdagangan yang menghadirkan beberapa seri program seperti Akademi Instagram, bincang virtual “Dari UMKM untuk UMKM” di Facebook, dan serial video UKM Inspiratif. Selain itu, Facebook menggulirkan dana bantuan senilai Rp 12,5 miliar untuk UKM seluruh Indonesia.

"Kami juga memberikan dukungan melalui fitur baru yang dapat memudahkan para pelaku UKM untuk memasarkan produk mereka dengan mendirikan toko online di Facebook dan Instagram, Facebook Shops," tambah Pieter.

Adapun sebagai bentuk dukungan kepada komunitas, Facebook memiliki dua community hubs yaitu Ruang Komunal Indonesia (RukI) dan Lab Innvation (Linov). Ruki membuat Facebook Ruang Komunal Group di atas platform Facebook Group untuk membuka diskusi mengenai pengembangan komunitas, adapun Linov menggelar Ngobrol Bareng Spark AR atau NgobAR bagi para kreator spark AR.

Baru-baru ini, Facebook juga menggelar program Rakit Bangkit, yaitu acara live di Halaman Facebook Indonesia untuk masyarakat yang ingin mengasah keterampilan baru agar dapat bangkit dari pandemi.

"Kami berkolaborasi dengan banyak kreator konten, public figure, profesional, komunitas dan organisasi kemasyarakatan untuk saling berbagi inspirasi,” jelas Pieter.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)