FAST Check-in Percepat Pelayanan di Bandara

Dengan lebih dari 100 maskapai penerbangan yang menghubungkan 300 kota di seluruh dunia, Changi Airport memang salah satu bandara tersibuk di dunia. Bagaimana tidak dalam setiap minggunya, bandara yang terletak di Singapura ini menangani sekitar 6.600 penerbangan setiap minggunya, atau sekitar satu penerbangan setiap 90 detik. Oleh karena itu, fasilitas pelayanan pun perlu terus diperbarui. Salah satunya sistem check-in.

Untuk mencapai target pelayanan tersebut, Changi berbenah dengan pembuatan Fast and Seamless Travel (FAST) di terminal 2. Ini merupakan hasil kerjasam Changi Airport Group (CAG) dengan Singapore Airlines dan SilkAir. Melalui tersedianya 24 kios check-in, pelayanan terhadap penumpang akan lebih cepat.

FAST Check-in Kiosk FAST Check-in Kiosk

FAST check-in memiliki dua langkah sederhana bagi penumpang yang check-in dengan bagasi. Pertama, mereka akan memperoleh tiket pesawat dan label bagasi setelah melakukan check-in di kios otomatis. Setelah itu, mereka diharapkan untuk memasang label bagasi tersebut pada bagasi mereka, lalu penumpang dapat meletakkan bagasi mereka di konter peletakan bagasi yang tersedia. Instruksi lengkap dapat dilihat melalui video, tanda-tanda petunjuk dan staf yang siap untuk memandu penumpang dalam melakukan proses ini.

Penumpang dengan bagasi kabin dapat mencetak tiket pesawat mereka di kios dan langsung menuju imigrasi keberangkatan. Alternatif lainnya, untuk penumpang yang telah melakukan check-in secara online atau melalui HP, dapat langsung menuju imigrasi keberangkatan dengan tiket pesawat yang telah dicetak terlebih dahulu atau tiket pesawat yang terdapat di HP (ditawarkan untuk perjalanan tertentu).

Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan oleh CAG sebelumnya, 97% dari penumpang yang yang mengisi survei tersebut mengatakan bahwa mereka sangat puas dengan layanan FAST check-in dan akan mempertimbangkan untuk memakainya kembali. Tahapan FASTcheck-in – termasuk mencetak tiket pesawat, label bagasi lalu proses pemasangan label bagasi dan peletakan bagasi – dapat dilakukan hanya dalam beberapa menit. Waktu yang dihabiskan untuk melakukan proses ini diharapkan akan menurun karena penumpang akan sudah lebih terbiasa dengan proses tersebut, mengingat meningkatnya opsi check-in otomatis yang tersedia di bandara di seluruh dunia.

“Selain memberikan penumpang pengalaman check-in yang lebih cepat dan fleksibel, check-in otomatis ini akan membantu untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional check-in, sehingga biaya maskapai akan lebih hemat,” ujar Jayson Goh, Senior Vice President CAG untuk Manajemen Operasi Bandara.

FAST akan terus diperbaharui untuk dapat memberikan pilihan terlengkap untuk kenyamanan check-in penumpang di tahun 2016, yang meliputi kecepatan proses check-in melalui kios check-in otomatis dan peletakan bagasi untuk dimasukkan ke dalam pesawat. Nantinya 24 kios lainnya akan segera diluncurkan di Terminal 3 untuk dapat diakses oleh para penumpang. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)