Festival Jalan-Jalan, Travel Fair 24 Jam

festivaljalanjalan

Ramainya travel fair yang selalu  dipenuhi pengunjung mencetuskan ide dibuatnya travel fair online: Festival Jalan-Jalan. Melalui website www.festivaljalanjalan.com, pengunjung bisa merasakan berbagai kelebihan paket wisata dan diskon menarik seperti yang mereka temui di travel fair online yang sudah dikenal selama ini. Perhelatan ini diklaim travel fair online pertama diadakan di Indonesia yang disponsori yaitu Traveloka, Blibli.com, Google, serta Bank Mandiri.

Selama 7 hari masyarakat bisa menikmati tawaran promo hemat hingga lebih dari 70 persen di travel fair yang hanya berlangsung seminggu 21-27 November 2016. Henky Prihatna, Country Industry Head Google Indonesia, menuturkan, web bersama ini diharapkan bisa dikunjungi 2 juta pengunjung selama 7 hari itu. “Pengguna internet di Indonesia 100 juta, smartphone user 80 juta, kami pikir dengan diadakan travelfair online, ini kesempatan bagus, ini event pertama yang fokus untuk penggemar jalan-jalan dan pelaku industri yang terkait dengan industri ini,” ujarnya.

Jadi seluruh ekosistem dalam industri traveling bisa merasakan manfaat travel fair online ini, karena menurut Henky, dalam penjalanan bukan saja dibutuhkan tiket yang mudah didapat dengan harga yang tepat, solusi pembayaran yang menarik, hotel nyaman dengan diskon menarik, juga koper yang bagus atau kamera yang mendukung perjalanan tersebut. Diluncurkannya travel fair online saat ini, mengingat akhir tahun biasanya permintaan akan paket dan tiket perjalanan meningkat tajam. Menurut Henky meski di Indonesia setiap hari adalah hari libur, pada Ramadhan dan akhir tahun lah traveling meningkat luar biasa.

Data Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dari 150 juta wisatawan di Indonesia lebih dari 60 persen melakukan pemesanan tiket melalui online dan 25 persen lainnya untuk memesan kamar hotel. Sedangkan riset Google Indonesia menemukan diperkirakan pendapatan kotor pemesanan tiket wisata atau kamar hotel secara online naik 22 persen atau lebih dari Rp 53 miliar dibanding tahun 2013.

Menurut Senior Vice President Credit Cards Bank Mandiri, Vira Widiyasari, keikutsertaan Bank Mandiri dalam kegiatan ini, merupakan bagian dari komitmen Bank Mandiri dalam mendukung pengembangan transaksi online, terutama di sektor industri pariwisata. Ia menyebut transaksi kartu kredit Bank Mandiri 15 persennya digunakan untuk travel dan 50 persen transaksi ecommerce dari kartu debitnya digunakan untuk travel.

”Pada Festival Jalan jalan ini, pemegang kartu Mandiri debit dan kartu kredit bisa mendapatkan kemudahan lebih seperti, penawaran tiket pesawat, hotel dengan harga spesial dan diskon hingga Rp 1 juta dari maskapai dan online travel agent yang berpartisipasi. Di samping itu, pemegang kartu kredit Mandiri juga akan mendapat kemudahan transaksi melalui program cicilan dengan bunga 0% hingga 6 bulan untuk setiap transaksi,” tutur Vira.

Harris Thajeb, Country CEO Dentsu Aegis Network Indonesia, melihat travel fair off line lebih sering dinikmati masyarakat di sekitar Jakarta atau kota-kota besar saja. Dengan diadakannya travel fair online ini, masyarakat dimana saja bisa mendapatkan penawaran menarik paket liburan, harga hotel dan tiket perjalanan kemana saja dan kapan saja selama 24 jam. Sayang ia tidak bisa menyebut berapa profit sharing yang didapat masing-masing partisipan di Festival jalan-Jalan Online ini. “Berapa yang didapat tergantung masing-masing pelaku ecommerce yang terlibat. Ini merupakan wadah semua pelaku yang terkait di bisnis travel,” tuturnya. Ia berharap ini bukan yang pertama dan terakhir, jika responnya menarik, pihaknya akan mengadakannya kembali dilain waktu.

Selain partner utama, Festival Jalan Jalan juga didukung Garuda Indonesia, pegipegi, Mister Aladin, Airasia, Nusatrip.com, via.com, Uber, Rexona dan Kompas Gramedia. Promo menarik yang telah disiapkan oleh Garuda Indonesia diantaranya berupa diskon tiket hingga 15% dan tambahan cashback dari Bank Mandiri hingga Rp. 1,000,000 saat Happy Hour. Untuk 2 Top Spender akan mendapatkan free upgrade keangotaan Garuda Miles. Ada bagibagi voucher WiFi onboard gratis dan diskon 20% untuk pengiriman barang dengan Garuda Indonesia Cargo. Traveloka menawarkan diskon hemat terbang pulang pergi ke destinasi internasional dengan maskapai full service mulai dari Rp 1 jutaan, serta diskon hingga 72 persen di ratusan hotel pilihan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)