FIFGROUP, Digitalisasi untuk Efisienkan Operasional dan Perluas Jangkauan Pasar

Margono Tanuwijaya, CEO FIFGROUP.
Margono Tanuwijaya, CEO FIFGROUP.

Nama FIFASTRA tampaknya tidak a­sing lagi bagi pembeli sepeda motor merek Honda yang diproduksi PT Astra Honda Motor. Pasalnya, ba­nyak dari mereka yang menggunakan layanan dari FIFASTRA untuk membantu pembiayaannya. 

FIFASTRA adalah bagian dari FIFGROUP yang merupakan sebutan rebranding (sejak 1 Mei 2013) dari PT Federal International Finance yang bergerak di bidang usaha pembiayaan ritel, khususnya kendaraan roda dua (sepeda motor) Honda. FIFGROUP adalah bagian dari Astra Financial yang berada di bawah payung PT Astra International Tbk. Selain FIFASTRA, FIFGROUP juga memiliki unit layanan SPEKTRA untuk pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga, DANASTRA untuk pembiayaan multiguna, dan AMITRA untuk pembiayaan syariah. 

Dari aneka layanan tersebut, menurut Margono Tanuwijaya, CEO FIFGROUP, core business perusahaannya masih di layanan pembiayaan sepeda motor baru. Hal ini terlihat dari kontribusi penjualan pembiayaan motor baru yang sebesar 62% pada periode Januari-Juli 2021 dan melihat proyeksi akhir 2021. 

Kini FIFGROUP memiliki 242 cabang di 33 provinsi di Indonesia, dan terbagi menjadi 31 area yang tersebar di 180 kota. FIFGROUP diperkuat 15.351 karyawan.

Fenomena disrupsi teknologi dan pandemi Covid-19, diakui Margono, memberikan tantangan tersendiri bagi FIFGROUP. Di masa pandemi ini, transaksi digital meningkat signifikan. “Pertumbuhan transaksi digital ini telah menarik perusahaan teknologi untuk masuk ke penyediaan layanan keuangan, sehingga melahirkan lanskap persaing­an baru bagi perusahaan pembiayaan,” katanya. 

Tantangan lainnya, ada­nya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) karyawan yang mengganggu mobilitas di kegiatan operasional perusahaan. 

Namun di sisi lain, situasi ini pun mendorong peningkatan aktivitas digital konsumen yang membuat konsumen makin familier dengan teknologi digital. “Hal ini juga menjadi peluang bagi FIFGROUP dalam melakukan proses operasional secara lebih efisien dan efektif serta menjangkau konsumen secara lebih luas melalui proses digitalisasi,” kata Margono. 

Sebagai contoh, selain layanan bisnis intinya, FIFGROUP telah menyediakan sejumlah platform. Terutama, platform yang disebut FIFADA, aplikasi e-commerce yang dikembangkan FIFGROUP dengan fasilitas pembayaran cicilan online tanpa kartu kredit. 

Layanan ini juga sudah terhubung de­ngan produk pada ekosistem Astra Financial lainnya. Misalnya, karena FIFGROUP telah berkolaborasi dengan AstraPay, konsumen FIFGROUP dapat melakukan proses pembayaran angsuran secara online dan lebih mudah.

Selain terus menginisiasi kolaborasi, baik di dalam Astra ecosystem maupun dengan strategic partner, FIFGROUP secara aktif juga terlibat dalam proyek digital collaboration Astra Financial, karena manajemen FIFGROUP yakin bahwa dengan kolaborasi ini perusahaan punya peluang untuk terus memperbaiki  customer experience, yang merupakan bagian dari service as one. Program tersebut akan memperkuat competitive advantage, yang pada akhirnya akan berdampak pada keberlanjutan bisnis perusahaan.

Dari aspek komunikasi, ada beragam layanan komunikasi yang dapat diakses konsumen tanpa harus keluar rumah. Yakni, aplikasi FIFGROUP Mobile Customer (FMC) dan chatting dengan Virtual Customer Service FIONA yang dapat diakses dari aplikasi multichannel seperti Facebook, WhatsApp, dan website FIFGROUP (https://fifgroup.co.id). Kendati begitu, FIFGROUP tetap menyediakan Contact Center HaloFIF melalui saluran telepon dan surat elektronik (e-mail).

 FIFGROUP juga telah memiliki beragam kanal pembayaran (payment point). Selain melalui payment point di Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, dan ATM, kini konsumen dapat membayar angsuran melalui e-wallet berbasis mobile AstraPay. Pembayaran yang dilakukan melalui AstraPay akan otomatis terintegrasi de­ngan FMC, Integrated Self Service (ISS), dan FIFADA.

Selama masa pandemi, FIFGROUP dilengkapi ISS System yang dapat mengatur antrean menjadi lebih terarah sesuai dengan kebutuhan konsumen, baik yang dapat dilakukan secara mandiri (self-service) maupun untuk bertemu petugas. Karena itu, layanan menjadi lebih cepat dan mengurangi antrean di kantor cabang. 

Margono optimistis, sei­ring berjalannya waktu, angka paparan Covid-19 juga akan menurun, sehingga pertumbuhan ekonomi dan demand masyarakat akan menggeliat lagi. “Jadi, masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya de­ngan menyesuaikannya dengan produk-produk layanan dari setiap line of business FIFGROUP,” katanya. 

Di masa pandemi ini, FIFGROUP telah menunjukkan kepeduliannya pada pelanggan/nasabahnya. Perusahaan ini telah melakukan relaksasi untuk 931.357 nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia dengan nilai restrukturisasi kredit mencapai Rp 11,97 triliun. 

Untuk kepeduliannya pada masyarakat, FIFGROUP telah melakukan berbagai langkah untuk meringankan beban masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Bantuan tersebut ada yang berupa paket sembako; bantuan kurban (kambing dan sapi) saat Idul Adha; bantuan untuk korban bencana alam; penyaluran APD, ventilator, dan mobil ambulans; hingga pendirian bank wakaf. Nilai total bantuan CSR FIFGROUP di masa pandemi dari 2020 sampai Juli 2021 mencapai Rp 39,03 miliar.

Mengenai kinerja bisnis FIFGROUP secara keseluruhan, pangsa pasar pembiayaan FIFGROUP terhadap penjualan kredit motor Honda sebesar 56,1% pada Juli 2021. Adapun pangsa pasar pembiayaan FIFGROUP terhadap seluruh penjualan motor Honda sebesar 30,8%. 

Sepanjang tahun 2020 itu, nilai amount finance (nilai pembiayaan) FIFGROUP sebesar Rp 31,37 triliun. Jika dibandingkan dengan industri (berdasarkan data Asosiasi Perusahaan Pembiayaan IndonesiaI), kontribusi FIFGROUP pada 2020 itu sebesar 9,6%. Tahun ini, hingga Juni 2021, kontribusi FIFGROUP di industri pembiayaan meningkat ke angka 10,2%.

Manajemen FIFGROUP memproyeksikan amount finance-nya akan terus meningkat seiring dengan membaiknya kondisi pengelolaan Covid-19 di Indonesia. Pada tahun 2022 diperkirakan naik sekitar 5%. “Dalam tiga tahun mendatang diperkirakan akan terus membaik bersamaan dengan optimalisasi sistem digitalisasi di FIFGROUP,” kata Margono optimistis. 

Sejumlah penghargaan telah diterima FIFGROUP. Di antaranya, 1st Award Best Brand 2020 dalam ajang Indonesia Best Brand Award 2020 dari Majalah SWA. Lalu, Majalah Investor Awards untuk Margono Tanuwijaya sebagai Tokoh Finansial Indonesia & BUMN Terbaik 2020 dalam kategori Top Executive of Multifinance Company 2020

Tahun 2021 ini, FIFGROUP meraih penghargaan sebagai Perusahaan Terbaik di Masa Pandemi dalam Astra Awards 2021 kategori Perusahaan Besar dalam Grup Astra dengan Keuntungan per Tahun di Atas Rp 1 triliun (penghargaan ini pertama kali bagi FIFGROUP). Ada pula penghargaan Gold Champion dalam Indonesia WOW Brand Festive Day 2021 untuk FIFASTRA. Sejalan dengan itu, FIFGROUP juga menjadi salah satu kontributor terbesar terhadap laba bersih PT Astra Internasional Tbk. pada 2020.

FIFGROUP juga meraih penghargaan Indonesia Corporate Pandemic Heroes dari SWA. Per­usahaan ini pun mendapatkan HR Excellence Awards 2021 pada dua kategori (segmen), yakni Learning & Development dan HR Digitization dengan hasil AA (Very Good) dari SWA & LM-FEB Universitas Indonesia.§

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)