Games Pasar Modal Dorong Minat Investasi Generasi Muda

Hari ini ada yang berbeda dalam suasana pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia. Sekitar 300 anak muda memadati lantai perdagangan BEI saat perdagangan saham dibuka. Tidak hanya menyaksikan pembukaan perdagangan saham hari ini, namun mereka juga akan mengikuti acara permainan bernuansa pasar modal yakni Stocklab dan Nabungsaham GO.

Ryan Filbert, salah satu pencipta dari Stocklab, menjelaskan bahwa ini games pasar modal berbentuk kartu yang dimainkan 4 hingga 6 pemain selama sekitar 1 jam. Di akhir permainan, pemenang dari games ini yang berhasil mnegumpulkan uang terbanyak dari hasil investasinya pada produk-produk pasar modal .

“Permainan ini selain fun juga sangat edukatif karena memeperkenalkan beberapa produk investasi sederhana di pasar modal seperti saham, reksa dana dan istilah-istilah pasar modal umum kepada pemainnya,” ujarnya saat di temui di Bursa Efek Indonesia.

Sedangkan Nabungsaham GO adalah permainan investasi pasar modal secara online yang dimainkan secara individual oleh pemilih smartphone. “Dengan Nabungsaham Go, kami ingin mendorong minat masyarakat berinvestadi di pasar modal sekaligus mempopulerkan kepada masyarakat beberapa saham berkapitalisasi besar di BEI,” ujar Ivo Rustandi yang mengembangkan Nabungsaham GO.

Menurut Gonthor R. Aziz, Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 1A OJK, sejak diluncurkan bulan Agustus 2016 lalu antusias anak muda tinggi untuk memainkan kedua jenis games ini. Awalnya hanya menargetkan di Perguruan Tinggi di Jabodetabek dan Bandung namun rupanya informasinya cepat menyebar ke wilayah lain. “Sehingga kami mendapatkan undangan untuk memperkenalakan permainan ini dari Padang, Aceh hingga Manado yang menginspirasi kami untuk melakukan ekspansi tidak hanya di Pulau Jawa saja. Lalu kita bawa ke Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, kami sudah melakukan di 18 kota,” jelasnya.

Ke depan, kata Gonthor, akan diselenggarakan kompetisi nasional untuk games Stocklab dan Nabungsaham GO ini. Pertandingan akan diadakan di setiap daerah, lalu yang menang akan tanding di Jakarta mengikuti babak final yang telah dijadwalkan pada 10 Agustus 2017.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)