Gandeng KAI, Telkom Bangun EMC

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) membangun sistem pertiketan elektronik (e-ticketing) bernama E-Ticketing Monitoring Center (EMC). Sistem tersebut akan digunakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan diimplementasikan di PT KAI Commuterline Jabodetabek (KCJ).

Peresmian EMC Peresmian EMC

EMC berfungsi sebagai proses pertiketan berbasis teknologi informasi bagi penumpang Commuterline yang berada di Jabodetabek. Teknologi mutakhir ini beroperasi sejak kemarin (30 September 2013) dan keseluruhan sistem berserta perangkatnya dimonitor secara sentralisasi.

Ignasius Jonan, Direktur Utama KAI, mengatakan, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang Commuterline yang berada di Jabodetabek. Ia memastikan dan menjamin keberlangsungan sistem dan perangkat akan terpusat di mana EMC akan memonitor seluruh perangkat e-ticketing di 67 stasiun yang mengoperasikan 389 gate dan 270 titik Point of Sales (POS). “Inilah salah satu fokus utama KAI dan KCJ,” tutur Ignasius.

Proyek pembangunan sistem e-ticketing ini telah dimulai sejak awal tahun 2013 yang lalu dan mulai dioperasikannya ticket single dan multi trip dengan tarif progresif pada tanggal 1 Juli 2013. “E-Ticketing system merupakan inovasi utilisasi teknologi informasi dari KAI yang diimplementasikan di KCJ dalam meningkatkan layanan kepada para pelanggan,” sambungnya.

 E-Ticketing Monitoring Center (EMC) E-Ticketing Monitoring Center (EMC)

Untuk membangun sistem canggih tersebut, Telkom bersinergi dengan anak perusahaannya, Telkomsigma, yang dikenal memiliki pengalaman sebagai penyedia layanan end-to-end berbasis ICT(Information Communication & Technology) di Indonesia. Kerjasama Telkom-KAI tersebut diharapkan akan memperkuat infrastruktur berbasis teknologi informasi yang bertujuan untuk memberikan layanan publik terbaik bagi seluruh masyarakat pengguna fasilitas kereta api.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)