Gandeng RS Mayapada,Telkom Luncurkan Paperless Claim

Tingginya kebutuhan pengolahan data klaim asuransi yang terus meningkat, menuntut perusahaan telekomunikasi dan institusi kesehatan untuk terus berinovasi, salah satunya melalui teknologi. Tengok saja gebrakan terbaru dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk yang meluncurkan layanan paperless claim antara rumah sakit dengan perusahaan asuransi di RS Mayapada Tangerang.

Paperless claim adalah layanan klaim asuransi berbasis elektronik. Layanan ‘tanpa kertas’ ini juga mendukung program pemerintah melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia. Herry Sartono Hamidjaja, Executive General Manager Divisi Solution Convergence Telkom, mengatakan, pihaknya sangat tertarik untuk menyediakan layanan paperless claim bagi industri kesehatan,karena ini merupakan cikal bakal clearing house transaksi kesehatan di Indonesia.

Peresmian Paperless Claim antara Telkom dan RS Mayapada Tangerang Peresmian Paperless Claim antara Telkom dan RS Mayapada Tangerang

Ia menambahkan, Telkom telah berpengalaman mengelola data dalam jumlah besar dan telah menjadi clearing house transaksi perbankan. Layanan paperless claim ini, tandasnya, akan membuat pengiriman data klaim asuransi kesehatan dari rumah sakit ke perusahaan asuransi menjadi lebih cepat karena semua proses berbasis elektronik, sehingga verifikasi dokumen tagihan oleh perusahaan asuransi akan lebih cepat.

“Hal ini akan berdampak pada peningkatan layanan baik dari sisi rumah sakit ataupun perusahaan asuransi. Layanan ini akan diterapkan secara bertahap dimulai di wilayah sekitar Tangerang, Banteng, mengingat rumah sakit diseputar Jabodetabek cukup banyak dan selanjutnya akan diterapkan diseluruh rumah sakit di Indonesia,” Herry menjelaskan.

Sementara itu, dr Dedi Tedjakusnadi, Direktur RS Mayapada, menyambut positif kerjasama antara perusahaannya dengan Telkom Grup (Telkom,AdMedika dan Yakes Telkom). Ia berharap, penerapan paperless claim di RS Mayapada dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (EVA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)