Genjot Penjualan E-Commerce dengan Sertifikasi SSL

Meskipun perdagangan daring atau e-commerce berkembang pesat belakangan ini, nyatanya banyak pelaku industri e-commerce belum sadar pentingnya sertifikat Secure Sockets Layer atau SSL sebagai instrument pendukung kegiatan bisnis. Padahal dengan adanya sertifikat SSL ini kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelanjaan online bisa meningkat.

Founder dan CEO PT Dewaweb, Edy Budiman,  mengungkapkan tantangan terbesar industri e-commerce. Meski pertumbuhan e-commerce mengalami pertumbuhan signifikan, toh tingkat pembayaran online di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan penetrasi kartu kredit untuk transaksi hanya 4,5 persen.

Kepercayaan masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran online ia sebutkan tidak terlepas dari kejahatan di dunia maya. Tercatat pada tahun lalu terdapat 446 kasus penipuan yang dilaporkan dan 229 kasus penipuan yang diproses oleh Subdit Cyber Crime di mana 60 persen dari total kasus kejahatan dunia maya merupakan kasus penipuan termasuk dari transaksi jual beli daring. Hal tersebut didukung fakta bahwa 8 dari 10 negara yang dengan sumber serangan dunia mayatertinggi terdapat di Asia, termasuk Indonesia. “Maka itu para pelaku bisnis daring harus mampumeyakinkan para konsumen dengan memprioritaskan keamanan data transaksi melalui Sertifikat SSL terpercaya atau bahkan yang terbaik seperti jenis (Extended Validation) EV SSL,” ujarnya.

Founder dan CEO PT Dewaweb, Edy Budiman (kanan) Founder dan CEO PT Dewaweb, Edy Budiman (kanan)

Berbeda dengan situs yang telah memiliki sertifikat SSL, situs yang dilengkapi sertifikat SSL bisa dengan mudah disusupi serangan cyber crime. Data dan informasi pembayaran dengan mudah bisa terbaca dan dilakukan transmisi.

Seiring dengan meningkatnya angka kriminalitas dunia maya, para pengguna layanan internet menjadi ragu untuk mengirimkan informasi pribadi yang bersifat rahasia atau sensitif. Sertifikat SSL akan membantu mengamankan transmisi data seperti kartu kredit, username atau kata sandi melalui proses enkripsi yang sangat solid sehingga informasi yang dikirimkan benar-benaraman dan tidak dapat diakses oleh siapa pun.

Sistem SSL ini bekerja seperti amplop keamanan dengan lapisan ekstra untuk memastikan privasi data rahasia dan sensitif dari pengguna situs/konsumen terjaga. Sertifikat SSL secara umum terbagi dalam tiga jenis yaitu Extended Validation (EV) SSL Certificate (Green Bar), Organization Validation (OV) SSL Certificate dan Domain Validation (DV) SSL Certificate.“Ini akan menumbuhkan rasa percaya pelanggan terhadap pelaku bisnis daring yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan penjulan,” ujar Eddy.

PT Dewaweb sendiri adalah perusahaan penyedia web hosting dan server berbasis cloud pertama yang telah menggunakan EV SSL Secure Site Certificate untuk melindungi situsnya. Dewaweb bekerja sama dengan Web Commerce Communications Limited (WEBCC) menyediakan asistensi pembelian sertifikat EV SSL. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)