Technology Entrepreneur

GEPI Umumkan 7 Finalis SI Camp Jakarta

GEPI Umumkan 7 Finalis SI Camp Jakarta

para finalis SI Camp Jakarta 2013

para finalis SI Camp Jakarta 2013

Untuk meningkatkan semangat kewirausahaan di Indonesia, Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) menggelar Social Innovation Camp (SI Camp) Jakarta 2013. Program SI Camp ini akan mempertemukan antara pengembang software dan desainer dengan penggiat masalah sosial untuk menciptakan aplikasi berbasis web atau mobile yang mampu memecahkan berbagai tantangan sosial di Indonesia.GEPI telah membuka program dengan masa Call for Ideas hingga 6 September 2013 lalu, GEPI akhirnya mengumumkan tujuh finalis terbaik dari 108 ide inovasi sosial yang masuk ke panitia.

Pengumuman tersebut digelar Jumat (13/9) lalu di @america. Ketujuh finalis yang memiliki ide terbaik tersebut diantaranya adalah Desa App oleh Anggun Himawan, Climate Collaborative Project oleh Dino Firiza, Migrant Indonesia oleh Hanan Yusuf, 2nd Hand oleh Iqbal HP, Mobile Bunda oleh Felix Anindita, Rukun Modal oleh Aresto Yudo dan Aidnesia oleh Rizky Venny. Para finalis ini pun mempresentasikan gambaran umum mengenai ide-ide mereka.

Sebagai contoh, Hanan Yusuf mempresentasikan Migrant Indonesia yang merupakan media sosial untuk para kaum migran, dapat digunakan untuk mempromosikan diri mereka bahwa mereka mempunyai skill sehingga diharapkan dapat menjadikan posisi mereka lebih baik. Kemudian Aidnesia yang berangkat dari keprihatinan bantuan bencana yang seringkali tidak tepat sasaran. Dengan adanya Aidnesia diharapkan informasi mengenai bencana dan bantuan dapat akurat sehingga tepat sasaran.

Melalui kegiatan Meet the Innovators ini, para finalis juga berkesempatan mengajak keterlibatan lebih banyak orang agar idenya bisa terwujud. Dalam kesempatan tersebut, Kiki Rizki, Country Manager Mig 33 Indonesia kepada para finalis memberikan beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan produk aplikasi mereka. Pertama, memerhatikan market, tentu saja seperti apa karakter market perlu untuk diketahui. Kedua, bagaimana menarik orang untuk memakai produk, apakah produk yang dibuat sudah aspirasional sehingga orang mau pakai. Berikutnya, Kiki menyebutkan, bagaimana menarik orang yang sangat price consious. “Keempat adalah bagaimana memberdayakan (empower) mereka, karena orang Indonesia sangat entrepreneurial,” tambahnya.

Ketujuh finalis SI Camp Jakarta ini nantinya akan terseleksi untuk selanjutnya satu finalis terbaik akan dikirim untuk menjadi wakil Indonesia dalam SI Camp Asia di Singapura akhir tahun ini. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved