Google Tambahkan Aplikasi Mutakhir tentang Keuangan

Tahun baru 2013 telah tiba. Resolusi pun mulai dirajut demi pribadi yang lebih baik di masa mendatang. Meski tak mudah, resolusi harus terwujud di tahun ular air ini. Untuk mempercepat pencapaian resolusi 2013, Google menambahkan fitur interaktif pada situs Zeitgeist 2012. Di situs tersebut pengguna dari seluruh dunia dapat menambahkan resolusi mereka dan menelusuri harapan orang lain.

LIZ Wessel, Associate Product Marketing Manager Google pun tak ketinggalan mengirim beberapa tips merealisasikan resolusi, termasuk bagaimana menjaga keuangan. Dalam kiriman tersebut, Wessel mengungkapkan pemanfaatan berbagai fitur yang telah disediakan Google ke dalam tiga poin utama.

“Untuk menjaga kepentingan fiskal Anda, sebelumnya harus diketahui secara pasti dari mana uang tersebut masuk maupun keluar,” kata Wessel seperti dilansir siaran pers yang diterima redaksi SWA Online, Kamis (3/1). Untuk mendata arus uang, Wessel menawarkan sebuah template sederhana di Google Drive. Template berbasis spreadsheet ini menampilkan tabel 12 kolom yang mewakili 12 bulan dalam setahun. Setiap bulannya pengguna dapat mencantumkan pengeluaran dan pemasukan secara mendetail. Misalnya, pengguna bisa mengurai pengeluaran untuk asuransi kendaraan, kesehatan, dan jiwa pada kelompok tabel Insurance Premium. Pengguna juga dapat mencantumkan jenis pengeluaran lain seperti tagihan air, listrik, telepon, investasi, sampai uang saku. Karena formatnya sebagai template, pengguna bisa memodifikasi tabel tersebut sesuai kebutuhan.

Tips kedua yang dibagikan Wessel adalah memanfaatkan aplikasi Mint untuk penyusunan keuangan yang lebih detail. Aplikasi Mint sebetulnya merupakan aplikasi keuangan yang memiliki reputasi cukup baik melihat berbagai penghargaan yang diterima. Salah satunya adalah “6 Best Banking & Budgeting Application” dari CNN Money. Sayang, saat SWA Online menjajal aplikasi tersebut di smartphone berbasis Android, Mint.com belum tersedia di Indonesia. Hal serupa terjadi pada browser besutan Google, Chrome. Indonesia.

Ketiga, Wessel menawarkan situs Google Finance dan aplikasi broker saham E*TRADE untuk mengawasi perkembangan portofolio saham serta berita dari bursa saham. Aplikasi tersebut dapat diunduh dari toko aplikasi Google Play. Namun pengguna harus mengecek kompatibilitas smartphone terlebih dahulu. Pasalnya, ketika SWA Online mencoba mengakses aplikasi tersebut belum compatible dengan beberapa tipe smartphone Android. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)