Kolaborasi Tiga Perusahaan dalam GTN Data Center

Executive Lippo Group, Mitsui & Co., Ltd, dan Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd berfoto bersama setelah penandatanganan  perjanjian kerja sama untuk GTN Data Center Executive Lippo Group, Mitsui & Co., Ltd, dan Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd berfoto bersama setelah penandatanganan  perjanjian kerja sama untuk GTN Data Center

Kolaborasi yang terjalin antara PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) bersama Mitsui & Co., Ltd. (Mitsui) dan Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd. (MKI) dalam pre launch joint venture Data Center Tier-4 Ready menghasilkan inovasi berupa Graha Teknologi Nusantara Data Center (GTN Data Center).

Pre Launch yang bertempat di The Hermitage Hotel Jakarta itu bertujuan untuk memperkenalkan dan menjelaskan kolaborasi strategis Lippo dan Mitsui dalam pembangunan dan pengoperasian data center Tier-4 ready. Dengan pembagian saham GTM Data Center oleh MLPT 65%, Mitsui 10% dan MKI 25% , itu sendiri dirancang secara modern, berkualitas, aman, dan mampu memenuhi kebutuhan kritikal akan layanan data center bagi berbagai perusahaan kelas dunia di Indonesia.

Dr. Mochtar Riady, Chairman dari Lippo Group, menjadi tuan rumah acara ini bersama dengan Atsushi Kume, Executive Managing Officer & COO of Innovation & Corporate Development, Executive Managing Officer dari Mitsui & Co. Ltd., dan Masaki Saito, President & CEO dari MKI. Menteri Komunikasi dan Informatika, Ir. Rudiantara MBA dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki juga turut hadir pada acara tersebut.

Bagi Mochtar adalah kebanggan tersendiri dapat berkolaborasi dengan Mitsui untuk membangun dan mengoperasikan state of the art data center tersebut. “Yang tak kalah pentingnya bagi saya adalah Lippo dan Mitsui memiliki kesamaan visi dalam mendukung kebutuhan pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan di Indonesia dan menjamin pendistribusian yang efisien, penyediaan produk dan layanan, sumber daya manusia, dan informasi data elektronik di seluruh Indonesia," ujar pria kelahiran Malang tersebut.

GTN Data Center yang dirancang dan dioperasikan bersamaan dengan Multipolar Technology dan Mitsui itu memiliki lokasi yang strategis di Lippo Cikarang, sekitar 35 km dari Jakarta dan 80 km dari Bandung. Ground breaking telah dijadwalkan pada akhir 2014, dan ditargetkan akan siap beroperasi di akhir tahun 2015. Data Center itu akan dilengkapi dengan dua sumber daya listrik terpisah dan penyedia jaringan multi operator, yang mampu menjamin tersedianya kecukupan sumber daya dan memiliki tingkat layanan yang berstandar internasional dan Jepang.

GTN Data Center juga akan menerapkan konsep green data center yang ramah lingkungan dan hemat energi. Konsep green yang diterapkan antara lain: pendekatan coldaisle containment untuk memastikan sirkulasi udara dingin yang sangat efisien, pemanfaatan penyejuk udara berbahan jenis chilled water-based yang hemat energi, dan alat pemadam api yang bebas gas berbahaya. "Untuk memastikan kualitas data center, kami akan bekerja sama dengan konsultan green data center yang memiliki reputasi internasional sehingga nantinya siap saat disertifikasi Green Building Council," ucap Wahyudi Chandra, Presiden Direktur PT Multipolar Technology Tbk.

”MKI akan berbagi pengetahuan, pengalaman dan keahliannya di bidang pengelolaan data center dan layanan cloud, sehingga kedepannya GTN Data Center dapat menjadi penyedia data center yang handal, dengan layanan pengolahan data berkecepatan tinggi dan cloud yang mumpuni,” tambah Masaki Saito, President & CEO Mitsui Knowledge Industry Co., Ltd.

Indonesia memiliki pasar yang sangat potensial untuk bisnis layanan data center, terutama dengan diterapkannya Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 mengenai kewajiban penyelenggara sistem elektronik untuk menempatkan data center dan pusat pemulihan bencana (DRC) nya di Indonesia. Melalui kerja sama oleh tiga perusahaan tersebut, GTN Data Center akan menjadi data center pertama di Indonesia dengan kepemilikan oleh investor dari Jepang.

“Kami juga menyediakan ‘lokasi’ untuk pusat penyimpanan data sehingga perusahaan-perusahaan lokal maupun multinasional di Indonesia dapat memenuhi aturan tersebut. Kami optimis bahwa kedepannya akan terbuka peluang lebih besar lagi bagi investor asing untuk memajukan sektor teknologi informasi dan telekomunikasi (ICT) di Indonesia,” ujar Atsushi Kume, Executive Managing Officer & COO of Innovation & Corporate Development Mitsui & Co., Ltd. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)