Harbolnas 2016 Diikuti Oleh Lebih dari 200 E-commerce

Hari belanja nasional (harbolnas) 2016 akan segera dimulai. Perhelatan diskon akbar yang sudah diadakan kelima kalinya ini, akan diselenggarakan 3 hari pada tanggal 12-14 Desember 2016. Mengusung tema Indonesia Online, tahun ini harbolnas diikuti leh 200 e-commerce atau naik 48,6% dibandingkan tahun lalu. Berbagai penawaran menarik, hadiah undian, dan diskon hingga 95% ditawarkan oleh para peserta harbolnas untuk mendorong lebih banyak lagi transaksi tahun ini.

Berdasarkan hasil riset gabungan dari Google dan Temasek, di tahun 2015 Indonesia menempati urutan pertama negara dengan pertumbuhan pasar internet terbesar di dunia dengan pertumbuhan diperkirakan mencapai 19% pada tahun 2020. Pertumbuhan yang sama juga diperkirakan terjadi pada perekonomian berbasis internet, dengan pasar e-commerce menempati urutan pertama diikuti oleh online media dan online travel. Di tahun 2025 Indonesia diperkirakan menguasai 52% pasar e-commerce di dunia.

Para Peserta Harbolnas 2016 Para Peserta Harbolnas 2016

“Dengan semakin banyak pengguna internet di berbagai kota dan semakin terjangkaunya perangkat mobile, maka semakin banyak masyarakat di Indonesia dapat dengan mudah dan nyaman berbelanja online. Tanpa khawatir kehilangan waktu akibat kemacetan atau jarak tempuh yang jauh. Ini merupakan salah satu faktor yang mendorong maraknya berbelanja online di Indonesia,” ujar Miranda Suwanto, SVP Strategic Partnership Lazada Indonesia dan Ketua Panitia Harbolnas.

Henky Prihatna, Country Industry Head Google Inc, mengatakan, 1 bulan menjelang Harbolnas, pengguna internet mulai giat melakukan riset terhadap produk yang ingin dibeli. Kategori produk yang sering dicari di internet antara lain kecantikan, personal care, kebutuhan bayi, gawai, elektronik, pakaian, sepatu, dan tas.

Irwan Juanda, E-commerce Manager PT Dinamika Anak Muda Nasional (Damn I Love Indonesia), telah mempersiapkan diri sejak 2 bulan lalu menjelang Harbolnas. Persiapan yang dilakukan antara lain mempersiapkan inventori, menjaga stabilitas server website, dan memperkuat kerja tim. “Harbolnas 2 tahun lalu peningkatan transaksi kami mencapai 100-200% tahun ini kami harapkan bisa meningkat 100-200% juga. Kami memberikan diskon hingga 50% dan untuk pengguna Telkomsel yang menukarkan poin akan mendapatkan diskon 10%,” jelasnya.

Bekerja sama dengan Facebook, panitia Harbolnas juga telah melaksanakan workshop Harbolnas pada tanggal 29 November 2016 untuk para peserta harbolnas Pada sesi workshop tersebut, para peserta berkesempatan berdiskusi dan berbagi pengalaman seputar kisah sukses dari e-commerce lainnya, serta menyampaikan komitmen bersama para pelaku e-commerce untuk mengembangkan industri di Indonesia.

Selain menjadi fasilitas bagi para e-commerce untuk dapat meraih konsumen yang lebih luas lagi di seluruh Indonesia, Harbolnas pun memberikan kesempatan bagi brand lokal dan UKM/UMKM untuk mengembangkan usahanya. Dengan berkolaborasi bersama industri lain terkait, terutama melalui dukungan PT Bank Central Asia Tbk. (BCA), Telkomsel Poin, Midtrans, Samsung Electronics Indonesia, Lion Parcel, dan Grab Indonesia sebagai transpor partner, harbolnas diharapkan dapat mendukung langkah pemerintah dalam memajukan industri e-commerce Tanah Air.

 

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)