Hingga 2016, Trafik Data Mobile Naik 18 Kali Lipat

Lalu lintas data seluler diperkirakan meningkat 18 kali lipat mencapai 10,8 exabyte setiap bulan atau 130 exabyte setiap tahun, hingga 2016. Lonjatan itu sebagian besar disebabkan peningkatan drastis jumlah perangkat mobile yang terkoneksi ke Internet.

Data tersebut berdasarkan Prediksi Trafik Data Mobile Global dari Cisco Visual Networking Index (VNI). Yang menarik, perangkat mobile diperkirakan melampaui jumlah populasi manusia di bumi (populasi mencapai 7,3 miliar orang di tahun 2016, menurut data Persatuan Bangsa-Bangsa). Selama 2011-2016, Cisco memperkirakan lalu-lintas data mobile global akan melampaui lalu-lintas fixed data sebesar tiga kali lipat.

Laporan ini memperkirakan adanya lalu-lintas mobile data sebesar 130 exabyte tiap tahunnya, atau setara dengan 33 miliar DVD, 4,3 quadrillion file MP3 (musik/audio) atau 813 quadrillion pesan pendek SMS. Satu exabyte adalah satuan storage informasi atau komputer setara dengan 1 quintillion byte. Peningkatan trafik data mobile menunjukkan laju pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 78 persen selama periode tersebut. Lonjakan trafik Internet mobile di tahun 2015 dan 2016 sendiri diperkirakan tiga kali lipat dari angka perkiraan Internet mobile di tahun 2012.

Tren yang medorong pertumbuhan tersebut termasuk: 

  1. Lebih banyak konten streaming: Konsumen menghendaki lebih banyak konten on-demand atau streaming dibandingkan konten yang diunduh, trafik cloud mobile akan meningkat, tumbuh 28 kali lipat dari 2011 sampai 2016, CAGR sebesar 95 persen.
  2. Lebih Banyak Perangkat Mobile Terkoneksi: Akan ada lebih dari 10 miliar perangkat mobile yang terkoneksi ke Internet di tahun 2016, termasuk modul machine-to-machine (M2M) – melampaui perkiraan jumlah populasi penduduk bumi sebanyak 7,3 miliar orang. (Salah satu dari aplikasi M2M adalah penggunaan jaringan nirkabel untuk mengupdate billboard digital. Hal ini memungkinkan pemasang iklan untuk menampilkan pesan-pesan yang berbeda setiap hari atau setiap minggu dan memberikan kemapuan untuk melakukan perubahan pesan secara cepat dan global, seperti perubahan harga bensin).
  3. Peningkatan Kemampuan Komputasi: Perangkat mobile akan memiliki kemampuan lebih kuat sehingga dapat mengkonsumsi dan menghasilkan lebih banyak trafik data. Komputer tablet merupakan contoh utama dari tren ini yang menghasilkan pertumbuhan lonjakan trafik yang meningkat sebesar 62 kali lipat dari 2011 sampai 2016 – ini merupakan pertumbuhan terbesar dibandingkan perangkat lainnya yang tercatat dalam laporan prediksi. Jumlah trafik data mobile yang dihasilkan dari komputer tablet di tahun 2016 (1 exabyte per bulan) adalah empat kali lipat dari jumlah trafik data mobile di tahun 2010 (237 petabyte per bulan).
  4. Peningkatan Kecepatan Jaringan Mobile: Kecepatan koneksi jaringan mobile merupakan kunci utama dari pertumbuhan trafik data mobile. Dengan kecepatan lebih tinggi maka akan menghasilkan lebih banyak konsumsi, dan Cisco memperkirakan kecepatan koneksi mobile (termasuk jaringan 2G, 3G dan 4G) akan meningkat sembilan kali lipat sepanjang 2011 sampai 2016.
  5. Lebih Banyak Video Mobile: Pengguna mobile menginginkan pengalaman terbaik yang juga berarti menginginkan video mobile, yang mencakup 71 persen dari keseluruhan trafik data mobile di tahun 2016.

Laporan Cisco ini juga memperkirakan 71 persen dari semua smartphone dan komputer tablet (1,6 miliar perangkat) memiliki kemampuan untuk terkoneksi ke jaringan mobile Internet Protocol versi 6 (IPv6) sampai tahun 2016. Dari perspektif lebih luas, sampai tahun 2016, 39 persen dari seluruh perangkat mobile di seluruh dunia (lebih dari 4 miliar), dapat mendukung IPv6.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)