HP Aplikasikan Converged Storage pada HP 3PAR StoreServ Storage 7000

Rumitnya mengurusi infrastruktur penyimpanan data perusahaan rupanya menginspirasi Hawlett Packard (HP) untuk berinovasi di bidang storage. Converged storage, arsitektur yang mengombinasikan storage dan komputasi dalam entitas tunggal diaplikasikan pada HP 3PAR StoreServ Storage 7000 untuk kebutuhan perusahaan midmarket dengan kapabilitas Tier 1.

HP menyadari bahwa organisasi midmarket yang sedang tumbuh mulai mengadopsi komputasi awan dan virtualization. Dengan demikian, kebutuhan akan penyimpanan data atau storage pun meningkat seiring bertambahnya data. Sementara itu keterbatasan dana terkadang memaksa departemen IT berkompromi dengan penambahan kapabilitas, bertaruh pada ketersediaan data dan kerumitan. Segmen inilah yang disasar HP 3PAR StoreServ Storage 7000.

“Banyak orang berpikir bahwa kalau punya storage pasti perlu orang yang ahli. HP 3PAR StoreServ Storage 7000 punya autonomic management yang mempermudah migrasi,” papar Katharine Wahyuri, Manajer Produk Divisi Storage HP Indonesia. Salah satu rangkaian produk converged storage HP ini mampu melakukan konfigurasi, provisioning, dan optimalisasi otomatis. Fitur ini mengeliminasi kebutuhan administrator storage tersendiri dan mengurangi waktu untuk mengatur storage hingga 90%, menurut TechValidate.

Katharine Wahyuri

HP 3PAR StoreServ Storage 7000 mengusung konsep polymorphic simplicity yang fleksibel terhadap berbagai infrastruktur penyimpanan. Perangkat keras tersebut dapat bekerja di level penyimpanan menengah hingga high-end baik pada hard disk drive (HDD), solid state disk (SSD), maupun tier konfigurasi keduanya bahkan untuk konfigurasi SSD berkecepatan lebih dari 320.000 IOPS. Produk tersebut juga mendukung 240 SSD. “Biasanya storage bisa menampung maksimal 20 keping, sisanya ditampung keping lain seperti SATA atau SAS. Tidak ada satu yang khusus untuk SSD. HP 3PAR StoreServ Storage 7000 bisa digabung dengan SAS dan SATA,” Katharine menjelaskan, Rabu (16/1).

Membidik pasar midrange, HP 3PAR StoreServ 7200 tersedia di Indonesia di kisaran harga US$ 40.000. Perusahaan yang sudah menggunakan HP 3PAR dapat pula meng-upgrade HP 3PAR OS 3.1.2 tanpa tambahan biaya. Penyimpanan eksternal ini akan meraup peluang pasar US$ 11 miliar seperti yang diprediksi International Data Corporation (IDC). (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)