Idul Fitri Trafik Data Pengguna Smartfren Naik 15%

Smartfren Telecom Tbk, penyedia jasa layanan telekomunikasi dan internet mobile broadband, telah sukses melayani pelanggannya selama periode puncak Idul Fitri 2015. Seluruh pelanggan dapat berkomunikasi dengan baik dan nyaman walaupun terjadi kenaikan trafik telekomunikasi. Hal ini berkat kesiapan seluruh Jaringan Smartfren, yang telah ditingkatkan baik kapasitas maupun kualitasnya, termasuk untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi seperti masa mudik Lebaran saat ini.

smartfren lebaran

Kesiapan jaringan Smartfren untuk masa Lebaran 2015 tidak terlepas dari upaya meminimalisir problem jaringan, mengurangi dampak kepadatan trafik jaringan, dan upaya meng-cover blind spots. Bahkan sebelum memasuki bulan Ramadhan, Smartfren telah mengoptimalkan infrastruktur pada high traffic area, kapasitas jaringan ditingkatkan hingga 40%, sementara availability dan reability jaringan dimaksimalkan hingga level 99,85.

”Kami berterima kasih atas kesetiaan pelanggan Smartfren yang terus menggunakan layanan dan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman selama masa Lebaran 2015 ini. Menjadi komitmen kami untuk terus memberikan pelanggan terbaik dalam menikmati layanan dalam situasi apapun, termasuk saat terjadinya lonjakan trafik telekomunikasi pada puncak Lebaran,” kata Roberto Saputra, Direktur Smartfren

Secara nasional kenaikan trafik terjadi di tiga hari periode Idul Fitri (16, 17 dan 18 Juli). Untuk trafik penggunaan data meningkat sekitar 10 – 15% dari trafik di hari-hari biasa. Sementara untuk layanan SMS naik sekitar 14%. Sementara untuk layanan panggilan suara lonjakan panggilan meningkat sekitar 40 - 50% di kota-kota tujuan mudik di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.

Keberhasilan Jaringan Smartfren melayani pelanggan dengan baik selama masa Lebaran 2015 juga tidak terlepas dari pengaktifan tujuh regional offices di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang. Ketujuh regional offices tersebut telah beroperasi 24 x 7 selama liburan Lebaran.

Kesiapan Smartfren di puncak Lebaran 2015 diperkuat 800 staf yang dilengkapi kendaraan operasional dan siap bergerak kapan saja diperlukan bila terjadi gangguan jaringan. Perangkat yang dikerahkan untuk kesiapan jaringan mencakup lebih dari 120 EMS (Equipment Management Systems) yang dioperasikan di semua regional offices. Untuk kendali operasional penanganan jaringan, secara keseluruhan ditangani oleh NOC (Network Operations Center) yang ada di Jakarta dan Surabaya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)