Implementasi IoT Tingkatkan Efisiensi

CEO Miota Internatinal Technology, Moshe Panjaitan. (Foto : Istimewa)

Implementasi internet of things (IoT) di Indonesia diproyeksikan sebesar 10%, atau masih sangat rendah karena kesadaran masyarakat atau perusahaan mengenai pentingnya IOT belum begitu terasa.“Implementasi IOT di Indonesia masih sangat rendah, mungkin karena tak banyak orang yang bisa menggunakan dengan baik. Saya kira implementasi IOT tidak kurang dari 10%,” ujar CEO Miota Internatinal Technology, Moshe Panjaitan, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Moshe mengatakan jika penggunaan IOT bisa dimaksimalkan maka bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di perusahaan seperti inefisiensi dan kurangnya transparansi. Jika permasalahan ini bisa diselesaikan dengan IOT maka bisa menekan banyak biaya operasional yang tidak perlu dikeluarkan perusahaan. “Ada banyak masalah yang bisa diselesaikan oleh IOT. karena kami melihat ada banyak sekali inefisiensi dan nontransparansi di lapangan saat ini terutama di perusahaan dan industri. Dengan kemajuan teknologi hal tersebut bisa diatasi menggunakan platform IOT end to end managed service dari Miota,” jelas Moshe.

Dia mengungkapkan Miota sedang mengembangkan Miota City yang merupakan platform smart city yang bisa diimplementasikan dalam menjalankan operasional perusahaan. Dengan platform tersebut pengeluaran perusahaan seperti listrik, air dan gas bisa dipantau dengan transparan.“Jadi berapa yang keluar itu bisa diketahui apakah efisien atau tidak. Platform ini sangat bermanfaat untuk perusahaan yang mengandalkan efisiensi. Kami pegang semuanya dari hardware, desain hardware, firmware, software dan juga konektivitas, infrastruktur serta analisa big data. Jadi kami berusaha mengonsolidasikan semua hal tersebut menjadi satu layanan yang terkelola dengan baik,” katanya.

Menurut dia, perusahaan yang ingin menggunakan platform Miota City tak perlu mengeluarkan belanja modal di awal. Sebab, investasi teknologi sudah ditangani terlebih dahulu oleh Miota. Dengan program ini perusahaan tidak perlu mengeluarkan belanja modal/capex di fase awal. “Karena, kami yang akan menanggung itu. perusahaan akan menikmati manfaatnya begitu semua hal itu beroperasi,” sebutnya.

Miota International Technology adalah salah satu perusahaan pengembang solusi berbasis IoT yang membuat beragam solusi di berbagai bidang, seperti pertanian, telekomunikasi, kelistrikan dan lain-lain. Selamai ini Miota telah mengerjakan beberapa solusi untuk beberapa klien perusahaan. Seperti IoT dashboard untuk weather station, Water Level Radar di Sungai Barito Kalimantan, Automation System untuk Telkomsel, Transformer Box untuk PLN Medan, Monitoring System untuk Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, dan lain sebagainya. Miota pada September tahun ini merilis solusi IoT platform Smart Meter untuk memudahkan masyarakat memantau penggunaan listrik, air, dan gas di kawasan Banyuasin Palembang, Sumatera Selatan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)