Ingin Seperti Ghozali Everyday, Kenali 5 Tokoh Ini Dulu!

Para ‘crypto pioneers’ atau orang-orang yang mahir dalam dunia crypto telah menggunakan internet untuk berbagi wawasan dan perspektif pasar kepada audiens lokal maupun global (Foto: ist)

Belakangan dunia cryptocurrency dan media sosial dikejutkan dengan berita viral Ghozali Everyday yang menjadi miliarder gegara menjual foto selfie yang dilakukan selama 5 tahun. Ratusan foto itu dijual di OpenSea Non Fungible Token (NFT) dengan harga termurah setara Rp14,3 juta per foto dan termahal Rp 3,1 triliun. Beberapa foto terjual dan mahasiswa jurusan Animasi di Kota Semarang, Jawa Tengah itu meraup cuan sekitar Rp 1,5 miliar.

Kini, banyak orang ingin mengikuti jejak Ghozali yang dipuji sebagai pemuda kreatif memanfaatkan peluang di era digital. Dengan meningkatnya popularitas cryptocurrency, muncul banyak individu yang mencoba untuk ikut serta dalam aksi tersebut.

Para ‘crypto pioneers’ atau orang-orang yang mahir dalam dunia crypto telah menggunakan internet untuk berbagi wawasan dan perspektif pasar kepada audiens lokal maupun global, untuk membantu investor dan mereka yang berencana bergabung dengan keluarga dan komunitas crypto untuk tetap berada di jalur yang tepat.

Meskipun sedikit menyimpang dari definisi yang lebih awam tentang apa yang dimaksud dengan influencer, berikut ini adalah individu-individu yang berpengaruh di industri crypto dan blockchain di Indonesia.

Pertama, Pandu Sastrowardoyo.  Dunia NFT kini dipenuhi oleh individu-individu yang giat menjalankan NFT ataupun cryptocurrency. Pandu adalah pebisnis yang memberikan edukasi terkait NFT dan industri blockchain. Ia juga merupakan bagian dari Asosiasi Blockchain Indonesia.

Kedua, Oscar Darmawan. Oscar juga tokoh yang mempopulerkan bitcoin, aset kripto, dan blockchain di Indonesia. Ia mendirikan exchange kripto pertama di Indonesia, Bitcoin.co.id yang sekarang dikenal sebagai Indodax. “Indodax adalah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset digital terbesar di Indonesia dan sebenarnya merupakan platform pertukaran cryptocurrency pertama di Indonesia,” ujar Oscar dalam keterangan resminya di Jakarta (15/1/2022).

Ketiga, Steven Suhadi. Sosok ini cukup terkenal di komunitas bitcoin Indonesia. Dia adalah salah satu pendiri dan mantan ketua Asosiasi Blockchain Indonesia dan sering diundang untuk memberi penjelasan tentang teknologi blockchain di berbagai seminar. Steven sering mengungkapkan idenya tentang blockchain dan aset crypto seperti Bitcoin sebagai influencer cryptocurrency Indonesia. Selain itu, organisasi yang dia bentuk memainkan peran penting dalam menentukan masa depan investasi aset kripto di Indonesia. Dengan semua yang terjadi, saat ini ia menjalankan Indonesia Crypto Network, jaringan cryptocurrency terbesar dan media kripto Coinvestasi.

Keempat,  Jeth Soetoyo, CEO Pintu. Sebagi presiden direktur perusahaan perdagangan cryptocurrency, Jeth  memiliki pengaruh pada generasi milenial. Pintu adalah aplikasi perdagangan dan investasi aset kripto berbasis mobile pertama di Indonesia. Aplikasi ini telah terdaftar dan memiliki izin resmi serta diawasi langsung oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau dikenal dengan BAPPEBTI, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dikenal dengan Kominfo.

Kelima, Asih Karnengsih, Ketua Asosiasi Blockchain Indonesia. Asih aktif menghubungkan pelaku industri crypto dengan pemerintah. Karena spekulasi dan kesalahpahaman yang tak ada habisnya tentang cryptocurrency di Indonesia, perannya dalam industri ini berdampak dan berpengaruh di saat-saat seperti ini di mana cryptocurrency sedang berjuang dan berkembang.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)