Ini 6 Fitur Terbaru Kaskus

IMG_4254Pertama kali berdiri di 6 November 1999 oleh Andrew Darwis, kini Kaskus menginjak usianya yang ke 16 tahun. Bertepatan dengan dengan hari jadinya, Kaskus mengemas pengenalan 6 fitur baru melalui social movement MAR16ERAK (baca: Mari Gerak) sejalan dengan identitasnya sebagai social commerce.

Awalnya, Kaskus merupakan sebuah platform untuk berkumpulnya komunitas. Tanpa disengaja, Kaskus memiliki forum jual beli. Kaskus memberikan kesempatan untuk para komunitas untuk saling berkomunikasi. Saat ini, ada 400 lebih forum, 20.000 lebih komunitas, dan 25.000 forum baru perminggunya di Kaskus. Kaskus memiliki misi untuk menyatukan masyarkat Indonesia melalui social commerce dan juga komunitas. Saat ini ada jutaan lebih penjual di Kaskus yang aktif.

Untuk 6 fitur terbaru yang Kaskus luncurkan adalah; pertama Kaskus+. Kaskus+ merupakan bentuk baru dari donatur. Kaskus+ merupakan premium membership yang memiliki fitur khusus dan bisa digunakan di jual beli ataupun aktivitas di forum. Fitur baru yang ada di Kaskus+ adalah tag Kaskus Plus, kapasitas inbox sebesar 500 pesan, akses untuk GRP, BRP, serta Kaskus Plus Forum, akses prioritas untuk verified seller (VSL), dapat memberikan cendol ke 3 user per harinya, sundul setiap 3 jam sekali, serta 8 eksklusif emoticon, dan kedepannya masih akan ada lagi fitur-fitur untuk Kaskus+. Biaya untuk Kaskus+ ini sebesar Rp 30.000 untuk satu bulan, Rp 80.000 untuk 3 bulan, Rp 150.000 untuk 6 bulan, dan Rp 300.000 untuk 12 bulan.

Kedua, BranKas. BranKas merupakan fitur untuk menjembatani proses pembayaran antara seller dan buyer yang bertansaksi di jual beli. BranKas merupakan rekening bersama resmi Kaskus yang menawarkan kemudahan dan keamanan dalam bertransasksi. Saat ini, Kaskus sudah bekerja sama dengan bank BCA dan akan menjalin kerja sama dengan 3 bank lainnya. Untuk setiap transaksi di BranKas, penjual dikenai biaya Rp 1.650 yang dibebankan kepada penjual. Kaskus mendapatkan revenue dari BranKas berdasarkan tip yang diberikan kepada pengguna.

Ketiga, Verified Seller. Verified Seller merupakan badge khusus yang diberikan kepada top seller atau entrepreneur seller jual beli yang telah melalui proses registrasi dan verifikasi oleh pihak Kaskus. Syarat untuk menjadi verified seller yaitu; memberikan informasi rekening bank BCA, tanda pengenal, NPWP, dan alamat email. Proses verfikasi dilakukan selama 2 hari kerja. Sampai saat ini, sudah ada 1.000 penjual yang menjadi verified seller.

Keempat, Merchant Dashboard. Merchant Dashboard terdiri dari My Selling History dan My Buying History. My Selling History yaitu tempat penjual bisa melihat daftar lapak yang dimiliki dan memantau transaksi yang terjadi jika menggunakan BranKas. My Buying History yaitu tempat pembeli dapat melihat daftar lapak jual beli dan memantau transaksi ketika menggunakan BranKas.

Kelima, Feedback System. Feedback System merupakan bentuk apresiasi bagi penjual yang diberikan oleh pembeli setelah transaksi di BranKas selesai. Penilaian dapat diterima setelah pembeli mengonfirmasi barang telah diterima. Pembeli memiliki wkatu 7 hati untuk memberikan penilaian.

Keenam, Shipping System dan Resolution Center. Kaskus juga meluncurkan aplikasi beta mobile khusus jual beli untuk Android dan iOS untuk memenuhi keinginan Kaskuser sehingga transaksi jual beli dapat lebih cepat dan mudah.

Melalui MAR16ERAK, Kaskus turut mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam pengumpulan donasi berupa masker N95, oksigenm ataupun obat-obatan yang terkait dengan ISPA. Donasi ini akan disalurkan ke Palembangm Riau, Jambi, Bengkulu, Padang, Palangkaraya, dan Pontianak oleh komunitas Kaskus di masing-masing daerah. “Kaskus akan terus fokus dalam mengembangkan teknologi maupun fitur di Kaskus agar tetap relevan dan memenuhi kebutuhan para Kaskuser,” ujar Ronny W. Sugiadha, Chief Marketing Officer Kaskus. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)