Ini Mainan Baru Mercantile Group di Ecommerce

Mercantile Group, kelompok bisnis restoran yang sudah 20 tahun di Indonesia, tergiur ramainya bisnis ecommerce melalui BekalKu, lini bisnis katering online. Sebenarnya bisnis ini sudah setahun dijalani grup bisnis dikenal banyak melayani konsumen ekspatriat, para pejabat dan pebisnis kelas menengah-atas ini. Tapi baru pada Senin (5/12) BekalKu diluncurkan untuk lebih dikenal masyarakat, bahwa hidangan kelas atas pun bisa dinikmati lebih luas.

“Kami ingin agar hidangan makanan yang selama ini dipersiapkan oleh para koki dengan pengalaman internasional dapat juga dinikmati oleh semua orang dengan harga yang terjangkau dan dapat dipesan dengan cepat,” kata Sugianto Tan, Direktur Operasional Mercantile Athletic Club yang juga merupakan anak usaha dari Mercantile Group di Gedung WTC 1 Lantai 18 Jakarta.

Menurutnya, divisi bisnis baru ini dikelola oleh orang-orang muda yang memiliki ketertarikan yang tinggi dalam hal bisnis makanan. Dan selama uji coba pasar selama beberapa bulan terakhir ini, BekalKu terbukti mendapat sambutan hangat dari para pekerja di kantoran.

Andreas Jingga, Direktur BekalKu, mengatakan, divisi baru digital ini merupakan difersifikasi grup ke bisnis ritel, karena sebelumnya untuk bisa menikmati layanan restoran Marcantile harus menjadi anggota dulu. Memilih jalur ecommerce yang berbasis web dengan alamat www.bekalku.com menurut Andreas untuk lebih untuk mempermudah distribusi ke konsumen ritel. BekalKu diyakininya bisa bersaing dengan pelaku katering online yang sudah ada saat ini, menu yang diolah oleh chef papan atas ini harganya sangat terjangkau mulai Rp 25 ribuan dengan 120 variasi menu. “Harga tertinggi tergantung permintaan pelanggan, bisa berapapun harga dimina per menu bisa kami sajikan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, November tahun ini genap satu tahun BekalKu. Setidaknya sudah ada sekitar 1000 orang yang sudah order Bekalku. “Tapi kami memang baru sekitar 70-150 orang yang secara rutin order, maka itu peluncuran ini kami lakukan untuk memperkenalkan ke masyarakat luas ada katering yang bersih, enak dan murah yang diolah oleh chef papan atas,” tuturnya.

Menurut Andreas, saat ini masakan Indonesia masih mendominasi menu favorit di BekalKu. “Target kami setidaknya tahun depan peminatnya dobel dari tahun ini,” ujarnya. Sejak diluncurkan November 2015 hingga saat ini sudah 40 ribu pax BekalKu terkirim. Paling banyak order memang untuk katering acara atau event khusus porsinya 40-60 persen. Tahun depan ditargetkan bisa mencapai 70-80 ribu pax terkirim.

Keunggulan yang dimiliki BekalKu adalah proses pembuatan yang berkualitas di dapur kelas atas dengan pengawasan koki dan bahan makanan yang segar dibeli dari pemasok terbaik, sehat dan bersih. Kemudian, ketepatan waktu pengiriman serta pengemasan yang ramah lingkungan.

“Sebagai contoh, kita membeli beras langsung dari petani dengan kualitas terbaik karena dipercaya menggunakan pupuk yang alami, dan mengatur dengan baik kalori per paket,” ujar Sugianto. Dia pun menyebut, bisnis baru ini dapat menghidupkan industri restoran dan katering, karena pihaknya bekerja sama dengan pemasok besar dan kecil. Setidaknya ada 100 pemasok yang terlibat di dalam bisnis katering online ini, 60 pemasok masuk dalam kategori rutin.

“Jadi kita akan menggarap banyak pasar, termasuk nanti sekolah. Filosofi nama BekalKu sendiri diambil dari istilah yang sudah akrab kita dengar sejak masa kecil dulu, ketika mau berangkat kerja atau sekolah, orang tua memberikan bekal agar kita tidak lupa makan dan selalu terjaga kesehatannya, hampir sama dengan visi dan misi BekalKu,” katanya.

Selain bisa mengorder makanan melalui website, konsumen juga bisa order via telepon, mengirim pesan singkat lewat Whatsapp atau Line BekalKu. “Sebagaimana standar yang dimiliki Mercantile Group, kita sangat memerhatikan unsur proses yang sehat dan peralatan dapur yang berstandar bintang lima. Keunggulan BekalKu yang paling penting adalah bahan makanan seperti daging yang dibeli hari itu maka akan disuguhkan hari itu juga, kemudian makanan diproses di dapur kelas atas,” imbuhnya. BekalKu juga melayani layanan katering untuk Office Meetings, Seminar, Training, Outdoor Party atau Special Events. “Kami dapat menempatkan foodtruck di lokasi yang Anda inginkan, kerja sama antara BekalKu dengan Foodstop Indo,” ujar Andreas.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)