Ini Panduan Aman Penggunaan Facebook

Penggunaan media sosial kini semakin merambah semua kalangan, tidak mengenal batasan dalam penggunaanya. Namun, tidak jarang ditemui kasus penggunaan media sosial yang merugikan salah satu atau sebagian pihak karena digunakan secara tidak bijaksana.

Facebook menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan beberapa tahun belakangan. “Secara global pengguna Facebook mencapai sekitar 1,7 miliar setiap bulannya. Dan yang saya tahu, di Indonesia penggunanya yang online dan puas dengan Facebook mencapai 45 juta orangsetiap hari,” kata Clair Deevy, Head of Economic Growth Initiatives Asia Pasific Facebook.

20160731_082728-640x480

Clair menambahkan, yang harus diperhatikan adalah meski pengguna Facebok semakin besar, tetapi setiap pengguna diharapkan dapat memanfaatkan untuk hal yang positif.  Dan remaja menjadi sorotannya. “Tidak seperti kebanyakan orang lainnya, bagi remaja, Internet adalah tempat untuk berbagi apa saja; baik itu mengenai pemikiran mereka, foto atau video terbaru mereka. Melindungi komunitas kami, terutama memastikan keamanan para remaja, merupakan inti dari apa yang kami lakukan. Kami ingin membantu para remaja agar mereka membuat keputusan yang tepat mengenai bagaimana berbagi di dunia maya,” lanjut Clair.

Guna mengedukasi para penggunanya, Facebook beserta Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan komunitas sosial media anti bullying Sudah Dong meluncurkan panduan Thing Before You Share, yaitu tips yang bermanfaat mengenai bagaimana untuk tetap aman saat berselancar di dunia maya, menghargai orang lain, serta mengetahui apa yang harus dilakukan saat Anda merasa tidak nyaman dengan konten yang dibagikan oleh orang lain.

Selain itu, panduan ini juga mengingatkan remaja untuk lebih berhati-hati mengenai apa yang akan mereka bagikan di Facebook dan lebih memahami sikap yang tepat sebelum memposting sesuatu.

Farhan, Sekretaris Jenderal Yayasan Cinta Anak Bangsa, berkata, “Di YCAB, kami selalu berusaha untuk mendapatkan informasi terbaru dan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh kaum muda saat ini. Kami percaya bahwa hal tersebut merupakan hal yang penting bagi anak-anak dan remaja untuk memahami dan menyadari konsekuensi dari apa yang mereka lakukan saat online dan untuk menerapkan sikap yang tepat saat membagikan konten secara online. Panduan ‘Think Before You Share’ akan membantu mereka untuk membagikan sesuatu secara aman dan bertanggung jawab.

Katyana Wardhana, Founder of Sudah Dong, mengatakan, “Internet merupakan platform yang sangat berpengaruh, tetapi kehadirannya juga bisa menimbulkan risiko nyata bagi remaja. Keamanan online merupakan tanggung jawab bersama dan kita semua memiliki peranan penting dalam hal ini. Panduan ‘Think Before You Share’ membantu para remaja untuk mengontrol keamanan dan pengalaman online mereka sendiri. (EVA)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)