Inilah Jajaran APU Terbaru Keluaran AMD di 2013

Peluncuran generasi kedua AMD Seri A-Accelerated Processing Units (APU), di Jakarta, Selasa (27/11/2012) lalu.

Tahun 2013 baru saja dimulai, namun perusahaan semikonduktor AMD telah siap dengan jajaran produk Accelerated Processing units (APU) terbaru. Salah satunya adalah APU dengan kode nama Kaveri yang ditargetkan akan dijual pada semester kedua 2013.

Dalam siaran pers, Lisa Su, Vice President dan General Manager AMD Global Business Units, mengatakan, “Dengan jajaran baru APU terbaik di tahun 2013, AMD mempersiapkan diri untuk menang di segmen pasar konsumen yang berkembang pesat.”

Di acara International Consumer Electronics Show, AMD mendemonstrasikan chip silicon yang sudah dapat beroperasi secara penuh dari produk APU yang berbentuk SOC (System On Chip), yang saat ini merupakan yang pertama di dunia, yang diberi kode nama Temash dan Kabini. Demonstrasi termasuk menjalankan berbagai aplikasi maupun permainan terkini pada notebook ultrathin yang berbasis “Kabini” dan performance tablet dan Hybrid notebook yang berbasis “Temash.”

Memang Kabini ditargetkan untuk penggunaan pada notebook-notebook ultrathin, dengan keunggulan memiliki ketahanan baterai luar biasa dan menawarkan tingkatan performa menakjubkan pada pilihan baik dual-core maupun quad-core. Kabini disebut akan menghadirkan peningkatan performa lebih dari 50 persen dibandingkan generasi AMD APU sebelumnya, yaitu Brazos 2.0.

Sementara Temash adalah prosesor mobile low-power AMD kelas atas yang ditujukan bagi tablet-tablet dengan sistem operasi Windows 8 dan hybrid notebook. AMD mengharapkan Temash akan menjadi SoC untuk tablet dengan performa tertinggi di pasaran, dengan peningkatan performa hingga 100 dibandingkan generasi sebelumnya, yakni Hondo.

AMD menyebutkan, baik Temash dan Kabini ini akan menjadi SOC x86 quad-core pertama di industri komputer. Keduanya dijadwalkan hadir di pasaran pada pertengahan tahun 2013.

Selain itu, AMD juga memperkenalkan APU baru dengan kode nama Richland, yang saat ini sudah dikirimkan kepada OEM. APU ini diklaim dapat memberikan peningkatan performa yang sangat baik pada sisi CPU dan graphics, juga peningkatan daya tahan baterai yang lebih lama. Richland ini memiliki peningkatan performa visual antara 22 hingga 40 persen dibandingkan generasi APU A-series sebelumnya. APU ini diharapkan hadir dengan di-bundle software, seperti gesture dan facial recognition bagi konsumen.

Setelah Richland, AMD akan menghadirkan APU dengan kode nama Kaveri. APU ini akan memiliki fitur heterogeneous system architecture (HSA) yang revolusioner. Kaveri  ditargetkan akan dijual ke konsumen pada pertengahan kedua tahun 2013.

“Dalam mengembangkan suatu teknologi kami mendasarkan kepada pengharapan konsumen end user, yakni untuk dapat menghadirkan komputasi surround dan pengalaman menakjubkan di kehidupan sehari-hari. Sungguh sebuah pengalaman yang menarik untuk dapat menghadirkan teknologi APU terbaik ke pasaran, termasuk SoC quad-core x86 pertama di industri komputer. Dan sejalan dengan itu, terus membangun kepemimpinan kami di dunia gaming dan graphics,” tandas Lisa Su. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)