Innovation Center for Financial Services, Dari Accenture Untuk Industri Keuangan Indonesia

Accenture telah membuka Innovation Center for Financial Services di Jakarta yang menampilkan inovasi-inovasi digital dan mobile-banking terkemuka, yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan strategis bank dan penyedia jasa keuangan di Indonesia.

Pusat inovasi ini menawarkan wadah baru bagi para eksekutif yang bergerak di industri keuangan untuk memperoleh sejumlah pemikiran terbaik Accenture mengenai solusi mobility dan digital yang dapat membantu mempromosikan inklusi finansial, meningkatkan kepuasan pelanggan, meraih pelanggan baru, serta mengurangi biaya. FSIC akan menjadi tempat bagi para mitra untuk bertemu, melakukan workshop interaktif, dan melihat berbagai contoh nyata dari teknologi baru yang bisa diterapkan di Indonesia dan di seluruh wilayah ASEAN.

accenture“Perusahaan-perusahaan jasa keuangan memahami bahwa mereka harus menyediakan layanan-layanan digital yang dibutuhkan oleh pelanggan mereka, dan Innovation Center for Financial Services merupakan solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan tersebut," kata Sushil Saluja, Senior Managing Director dari Accenture Financial Services group di Asia-Pasifik, Senin (18/3/2014).

"Pusat inovasi ini menunjukkan komitmen Accenture untuk memberikan solusi kelas dunia kepada klien kami di wilayah ini untuk membantu mereka menawarkan jasa keuangan yang paling kokoh dan dapat diakses dengan mudah."

Sebagian besar konsumen di Indonesia telah terhubung ke Internet melalui perangkat bergerak mereka. Hal ini telah menciptakan peluang baru bagi para penyedia jasa keuangan untuk terhubung dengan pelanggan mereka melalui perangkat-perangkat digital. Innovation Center for Financial Services menampilkan solusi digital yang dapat digunakan oleh penyedia jasa keuangan untuk memanfaatkan pasar yang tengah berkembang ini, termasuk segmen pasar unbanked.

Misalnya, pusat inovasi ini menawarkan cara untuk mendukung inklusi keuangan dengan menyediakan layanan transfer uang peer-to-peer antarmobile wallet, bagaimana meningkatkan layanan mobile banking untuk para mitra-mitra yang dimiliki dengan menawarkan jasa untuk mengajukan produk baru melalui ponsel (dari tabungan hingga hipotek dan produk-produk kekayaan), hingga bagaimana menyediakan pilihan pembayaran mobile, seperti pembayaran tanpa melakukan kontak di pusat-pusat penjualan, pengiriman uang internasional menggunakan ponsel, dan penukaran kupon untuk program-program loyalitas pelanggan.

"Innovation Center for Financial Services ini memberikan kesempatan kepada para mitra kami untuk merasakan secara langsung solusi inovatif terbaru yang ditawarkan secara global," kata Hendra Godjali, Managing Director, Accenture’s Financial Services group Indonesia, menambahkan.

"Accenture akan memberikan gagasan-gagasan terbaik di kelasnya dan membantu mendorong adanya pembahasan tentang model bisnis yang paling tepat dan teknologi yang dibutuhkan oleh mitra-mitra kami untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di Indonesia dan wilayah lainnya."

“Innovation Center for Financial Services relevan untuk Indonesia karena misinya adalah bahwa pilihan solusi digital dan mobilitas dapat menjangkau konsumen yang tidak terjangkau layanan secara utuh atau tidak terjangkau. Sebagai OJK, kami akan dapat memastikan efektivitas solusi tersebut, dan sekaligus memantau dampaknya terhadap masyarakat atas layanan yang diberikan oleh industri keuangan,” ungkap Antonius Alijoyo, Dewan Audit OJK.

Pusat inovasi di Jakarta merupakan fasilitas terbaru dari jaringan global Innovation Centers for Financial Services milik Accenture yang berlokasi di Beijing, Bangalore, Chicago, dan Sophia-Antipolis, Perancis. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)