Technology Trends

Intip Proyeksi Ekonomi Digital Indonesia pada 2022

Intip Proyeksi Ekonomi Digital Indonesia pada 2022
Ilustrasi foto : Bukalapak

Laporan e-Conomy SEA tahun ini memproyeksikan bahwa ekonomi digital Indonesia akan mencapai gross merchandise value (GMV) senilai US$ 77 miliar pada 2022, setelah tumbuh sebesar 22% selama setahun terakhir. Hingga tahun 2025, ekonomi digital diproyeksikan mencapai US$130 miliar, tumbuh dengan compound annual growth rate (CAGR) sebesar 19%, dan hingga tahun 2030 diperkirakan akan tumbuh lebih dari tiga kali lipat di kisaran US$ 220 sampai US$ 360 miliar.

Laporan multi-tahunan ini, yang menggabungkan data dari Google Trends, data dari Temasek, dan analisis dari Bain & Company, memadukan informasi dari berbagai sumber di industri dan wawancara dengan para ahli, menyoroti ekonomi digital enam negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina.

Di Indonesia, sektor e–commerce terus mendorong ekonomi digital dan nilainya diperkirakan akan mencapai US$ 59 miliar pada 2022. Meskipun aktivitas belanja offline kini mulai kembali bergairah, sektor e–commerce menyumbang 77% dari keseluruhan ekonomi digital. “Indonesia memiliki sektor e–commerce dengan pertumbuhan tercepat kedua (setelah Vietnam). Namun, selain GMV, banyak dimensi pertumbuhan yang juga harus difokuskan,” ucap Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia pada siaran pers di Jakarta, Senin (7/11/2022).

Dia menyampaikan untuk mendorong pertumbuhan jangka pendek, bisnis kini lebih berfokus mencapai profitabilitas dengan memangkas biaya dan mengoptimalkan operasi. Sektor e–commerce Indonesia diproyeksikan tumbuh dengan CAGR 17% dan nilai GMV mencapai US$ 95 miliar hingga tahun 2025. “Setelah bertahun-tahun mengalami akselerasi, pertumbuhan penggunaan teknologi digital kini berangsur normal, dengan kalangan mampu dan kaum muda yang melek teknologi di perkotaan menjadi pengguna terbesar layanan digital,” tambah Randy.

Sumber : Google Indonesia

Dia menyebutkan mayoritas pemain digital mengalihkan prioritasnya dari akuisisi pelanggan baru ke menciptakan engagement yang lebih dalam dengan pelanggan yang sudah ada. E–commerce, transportasi, dan pesan-antar makanan adalah tiga layanan digital teratas di Indonesia dengan tingkat penggunaan yang hampir merata di kalangan pengguna digital perkotaan.

Transportasi dan pesan antar makanan diproyeksikan mencapai GMV senilai US$ 8 miliar pada 2022 dan terus tumbuh dengan CAGR 22% menjadi GMV sebesar US$ 15 miliar hingga 2025. Pertumbuhan permintaan berangsur normal karena makin mayoritas masyarakat yang kembali pergi ke restoran.Mobilitas publik yang bertahap kembali bekerja di kantor, naiknya aktivitas belanja di toko fisik, dan bangkitnya pariwisata mendorong sektor transportasi untuk perlahan pulih dari titik terendah ketika karantina wilayah diberlakukan.

Sumber : Google Indonesia

Perjalanan online pada 2022 ini telah kembali dengan pertumbuhan 60% mencapai US$3 miliar secara tahunan (year on year/yoy). Proses pemulihan mungkin terjadi secara bertahap dan sektor ini diperkirakan tumbuh pada CAGR 45% dengan GMV mencapai US$10 miliar hingga tahun 2025.

Tujuan Investasi

Media online diproyeksikan mencapai GMV US$6 miliar pada 2022, dengan pertumbuhan sebesar 5% (yoy). Streaming musik dan video berangsur pulih, iklan digital berhasil mempertahankan momentum, dan konsumsi di sektor game online mengalami penurunan seiring orang-orang kembali ke rutinitas pra pandemi.

Layanan keuangan digital tumbuh karena adanya pergeseran perilaku offline ke online pasca-pandemi. Gross total value (GTV) pembayaran digital di Indonesia pada 2022 ini diperkirakan mencapai US$ 266 miliar dan terus tumbuh sebesar 17% mencapai GTV US$421 miliar hingga tahun 2025.

Pada tahun ini, Singapura dan Indonesia menjadi dua tujuan investasi teratas di Asia Tenggara. Indonesia menarik 25% dari total nilai pendanaan swasta di kawasan ini dan dalam jangka panjang tetap menarik bagi investor bersama dengan Vietnam dan Filipina. Namun, mengingat adanya hambatan ekonomi makro, nilai transaksi pada semester 1/2022 turun US$ 2 miliar (yoy) akibat adanya kekhawatiran seputar profitabilitas dan valuasi.

Layanan keuangan digital (terutama yang berfokus pada pembayaran B2B dan layanan pinjaman) telah menggantikan sektor e–commerce sebagai sektor investasi teratas dengan nilai US$ 1,5 miliar pada semester pertama tahun ini.

Di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia, lebih dari 80% pemodal ventura (VC) ingin lebih berfokus pada sektor-sektor baru seperti teknologi kesehatan (health tech), SaaS, dan web 3.0, sementara sektor teknologi pendidikan (edu tech) mengalami penurunan pasca-pandemi seiring dibukanya kembali sekolah-sekolah.“Ekonomi digital Indonesia akan terus menarik minat investasi karena fundamentalnya yang kuat, seperti memiliki basis pengguna yang sangat aktif dalam jumlah besar dan ekosistem startup teknologi yang dinamis,” kata Fock Wai Hoong, Deputy Head, Technology & Consumer and Southeast Asia Temasek.

Bekerja sama dengan sektor bisnis, pemerintah, dan masyarakat, Hoong mengakatakn Temasek berkomitmen untuk menggunakan modal katalis kami untuk memacu pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif dalam ekonomi digital Asia Tenggara sehingga setiap generasi dapat mencapai kesejahteraan.

Ekonomi digital dapat berperan positif dalam menerapkan kebiasaan yang lebih berkelanjutan dengan meningkatkan kesadaran di antara konsumen, bisnis, investor, dan pemerintah. Emisi dan sumber daya menjadi isu lingkungan terpanas saat ini.Riset menunjukkan bahwa ada “kesenjangan antara ucapan dan tindakan” (say-do gap) antara niat yang dinyatakan konsumen dan perilaku pembelian yang sesungguhnya. Orang Indonesia yang menjadi responden survei ini sebesar 48% mengatakan bahwa mereka bersedia membelanjakan uangnya 5% lebih banyak untuk produk dan layanan yang lebih berkelanjutan, dan 40% responden mengatakan bahwa keberlanjutan adalah kriteria utama saat membeli makanan kemasan.

Namun, hanya 4% yang benar-benar mewujudkan niatnya tersebut karena banyaknya hambatan di sepanjang perjalanan pembelian, termasuk kurangnya informasi, kepercayaan, dan pilihan produk yang berkelanjutan di Indonesia.

Pertumbuhan di bidang pembayaran, pendanaan, logistik, akses internet, dan kepercayaan konsumen meningkat signifikan selama enam tahun terakhir. Untuk mempertahankan momentum, perlu serangkaian faktor pendukung baru yang berfokus pada profitabilitas serta diimbangi dengan perluasan inklusi digital untuk memenuhi permintaan dari aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola serta peluang yang mereka hadirkan.

Aadarsh Baijal, Partner and Head of Digital Practice in Southeast Asia Bain & Company, menyebutkan ekonomi digital Indonesia tetap menjadi yang terbesar dan paling beragam se-Asia Tenggara. Penyedia layanan digital harus mengimbangi permintaan konsumen yang kuat melalui keterlibatan yang bermakna dengan berbagai demografi pengguna, dan dengan demikian dapat mendorong partisipasi yang lebih dalam untuk ekonomi internet. “Kunci untuk mempertahankan momentum positif ini adalah dengan mendorong usaha kecil dan menengah (UKM) berakselerasi menuju pertumbuhan berikutnya, terutama dengan memperdalam adopsi digital UKM di seluruh SaaS dan alat keuangan,” kata Baijal.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved