Investasi US$200 Juta, DCI Indonesia Raih Sertifikasi Tier IV Design

photo 1

Meski masih satu tahun beroperasi, Data Center Infrastructure Indonesia (DCI Indonesia) terus berupaya membuktikan sebagai penyedia layanan data center berkelas dunia. Upaya ini membuahkan hasil dengan diperolehnya Sertifikasi Tier IV Design. DCI Indonesia menjadi satu-satunya data center pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang memperoleh sertifikasi tersebut dari Uptime Institute.

Uptime Institute merupakan lembaga yang menciptakan standard Tier Classification System. Lembaga ini telah mengevaluasi DCI Indonesia yang kemudian dinyatakan memenuhi persyaratan dan standard sebagai penyedia data center yang memiliki redudancy tertinggi, yang berarti potensi kegagalannya dalam memberikan layanan kepada pelanggan sangat kecil.

Lucas Andrian, Manajer Operasi DCI Indonesia, menyebutkan, Indonesia sebagai negara dengan ekonomi pertumbuhan positif serta peningkatan jumlah kepemilikan perangkat teknologi yang cukup pesat, membutuhkan layanan data center yang prima. “Sertifikasi Tier IV Design ini menunjukkan keseriusan DCI Indonesia untuk terus mengikuti perkembangan global serta agar dapat unggul dibanding penyedia data center lainnya," ujarnya.

Data center DCI Indonesia ini memiliki tingkat ketersediaan sebesar 99,999% atau dalam satu tahun hanya memiliki toleransi waktu downtime selama 5 menit. “Infrastruktur yang kami bangun memang didesain dengan kualitas tinggi, menggunakan sumber daya listrik secara redundant sehingga data center dapat terus diakses oleh pelanggan,” ungkap Marina Budiman, Presiden Direktur DCI Indonesia.

Untuk membangun infrastruktur yang demikian sehingga dapat sesuai dengan standar dan mendapat sertifikasi Tier IV Design, DCI Indonesia mengeluarkan investasi sebesar US$ 200 juta untuk membangun fasilitas. Sejauh ini, pelanggan DCI Indonesia sebagian besar adalah perusahaan keuangan dan ke depan akan menyasar BUMN dan perusahaan-perusahaan multinasional.

“Perusahaan-perusahaan tersebut membutuhgkan data center yang andal dengan kemanan yang sangat tinggi,” ujar Stephanus Oscar, Manajer Sales dan Marketing DCI Indonesia. Dari segi kinerja, pertumbuhan bisnis perusahaan ini adalah sekitar 20-30%. Adapun dari segi pangsa pasar, Mariana mengakui masih sangat kecil. Ia menargetkan tahun depan dapat mencapai pangsa sebesar dua digit. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)