Jaga Pangsa Pasar Printer Foto, Epson Kenalkan Dua Produk Baru | SWA.co.id

Jaga Pangsa Pasar Printer Foto, Epson Kenalkan Dua Produk Baru

Peluncuran dua printer Epson L8050 dan L18050 di Jakarta, (22/6). (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), Epson berhasil mempertahankan posisi nomor satu untuk pangsa pasar printer inkjet sebesar 57 persen. Sementara pasar printer inkjet foto di Indonesia masih sangat besar yakni sekitar 10 – 20 ribu unit terjual setiap tahunnya dengan Epson sebagai kontributor utamanya.

Untuk menjaga performa bisnisnya, PT Epson Indonesia kini meluncurkan printer tangki tinta foto Epson L8050 A4 dan printer tangki tinta foto Epson L18050 A3+ WiFi, dua tambahan terbaru dari seri EcoTank Epson, yang dibuat untuk meningkatkan batasan dalam industri pencetakan foto dengan fitur-fitur yang telah disempurnakan.

Bersamaan dengan kemampuan pencetakan foto ini, printer EcoTank ini menggabungkan teknologi bebas panas Epson. Ini merupakan bukti komitmen Epson terhadap keberlanjutan, karena tidak ada panas yang dihasilkan dalam proses pencetakan.

EcoTank L8050 dan L18050 menawarkan solusi pencetakan foto A3 tanpa tepi yang hemat biaya, dan sangat sesuai untuk gambar desain, foto, serta pencetakan media serbaguna, seperti pencetakan DVD/CD dan PVC.

Bagi pemilik bisnis, model-model baru ini memiliki desain tangki tinta yang terintegrasi, sehingga dapat dengan mudah masuk ke dalam ruangan yang lebih kecil. Selain itu, desain yang ringkas menghasilkan jejak yang lebih sedikit, setidaknya 30% lebih sedikit dibandingkan dengan model pendahulunya yang lebih besar. Printer ini juga dilengkapi dengan kotak perawatan yang dapat diganti, sehingga memudahkan perawatan, mengurangi waktu henti dan meningkatkan produktivitas bisnis.

L8050 dan L18050 melanjutkan warisan Epson dalam pencetakan berkualitas tinggi dengan memanfaatkan penggunaan tinta Light Cyan dan Light Magenta secara efektif untuk memberikan gradasi yang lebih baik dan lebih sedikit bintik, sehingga menghasilkan kualitas cetak yang superior, dan sangat cocok untuk mencetak foto potret dan foto pemandangan.

Kualitas cetak diberikan peningkatan yang signifikan melalui penggunaan 6 tinta warna baru, memungkinkan gambar menjadi lebih cerah daripada printer warna biasa yang hanya menggunakan 4 warna. Ditambah dengan kecepatan cetak yang lebih cepat dari pendahulunya dan beberapa pesaing, Epson L8050 dan L18050 mendefinisikan ulang pencetakan foto berkualitas tinggi.

Selain itu, kedua model ini didukung oleh Image Complement for Down Sample (ICDS), yang membantu menghindari kehilangan data ketika gambar mengalami down sample (gambar yang resolusinya diturunkan secara proporsional). Fitur baru ini meningkatkan ketajaman teks, memungkinkan pencetakan karakter halus dan garis-garis halus yang jernih, yang biasa digunakan dalam cetak biru.

"Seri Epson EcoTank selalu bertujuan untuk memberikan kualitas pencetakan terbaik yang disesuaikan untuk bisnis dan individu, dengan menggabungkan kebutuhan unik mereka dengan teknologi terbaru kami. Peluncuran model L8050 dan L18050 mendukung tujuan Epson untuk tetap kompetitif di pasar foto dan menangkap permintaan yang terus meningkat dalam pencetakan media serbaguna. Dengan menggabungkan kegunaan yang cerdas dan kemampuan pencetakan foto yang lebih baik, tambahan baru pada seri Epson EcoTank ini bertujuan untuk membuat terobosan baru dalam lanskap pencetakan foto," ujar Syahrizal Aprianto, Head of Product Marketing Printer PT Epson Indonesia.

Adapun kisaran harga yang ditawarkan untuk produk Epson L18050  Rp12,2 jutaan dan Epson L8050 Rp5,7 jutaan. Produk-produk ini akan tersedia untuk dijual di Indonesia mulai Juli 2023.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)