Jagoan-Jagoan yang Meramaikan Bisnis Point of Sale 

Ahmad Gadi, pendiri & CEO Pawoon
Ahmad Gadi, pendiri & CEO Pawoon

Teknologi informasi memunculkan sistem yang memudahkan operasional usaha. Salah satunya dikenal dengan nama Point of Sale (POS), aplikasi kasir atau cash register usaha yang dapat membantu pebisnis menjalankan usaha sehingga lebih mudah.

Aplikasi kasir ini dapat digunakan di kantor, lokasi usaha, merchant, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan adanya aktivitas jual-beli. Dengan menggunakan jaringan teknologi internet, aplikasi kasir ini dapat digunakan di toko online dan gerai ritel fisik untuk mencatat seluruh history transaksi atau penjualan yang dilakukan sebelumnya dan jumlah ketersediaan stok barang di toko.

Saat ini, pemain bisnis POS semakin banyak karena potensi pasarnya masih terbuka lebar. Setidaknya ada beberapa pemain yang juga jagoannya di bisnis ini. Sebut saja, Pawoon, Moka, Qasir, Hellobill, Folio, Dokuku, Cashlez, dsb. Para pemain ini sudah memiliki pelanggan sendiri-sendiri dan terus berinovasi agar cengkeraman bisnisnya semakin besar.

Jumlah pebisnis di Indonesia yang diprediksi terus meningkat, dipadukan dengan tren digitalisasi bisnis UMKM dan payment di Indonesia, menyebabkan kebutuhan solusi POS yang reliable dengan fitur lengkap terus bertambah. “Dengan jumlah pelanggan Pawoon yang mencapai puluhan ribu pengusaha, sebenarnya masih banyak lagi potensi pasar yang belum tergarap oleh Pawoon. Masih banyak ruang bagi Pawoon untuk berkembang,” kata Ahmad Gadi, pendiri & CEO Pawoon.

Pawoon adalah aplikasi kasir (POS) dan manajemen stok berbasis cloud yang dapat memantau penjualan dan bisa dilakukan di mana saja secara real-time dengan memanfaatkan aplikasi pada smartphone/tablet. Menurut Ahmad, dengan aplikasi tersebut, bisnis dapat terkendali secara baik dengan mengurangi kesalahan input data (human error). Manajemen stok menjadi lebih ringkas dan lengkap; pengurangan, penambahan, dan pemindahan stok dapat dikontrol dengan lebih baik. Selain itu, database pelanggan juga tersimpan dengan baik, sehingga akan lebih mudah untuk menyusun strategi bisnis dan keperluan promosi.

“Sebagai pionir, Pawoon selalu konsisten di posisi terdepan dan terkemuka dalam peta persaingan bisnis POS,” ujar Ahmad. Pawoon pun tumbuh sangat pesat selama tiga tahun terakhir, dengan year-on-year growth yang fantastis. “Angka pertumbuhan ini menempatkan Pawoon sebagai salah satu pemain POS terbesar di Indonesia saat ini,” ujar Ahmad tanpa menyebut angka kinerja bisnisnya.

Kemudian ada pemain POS lainnya, yaitu Moka yang hadir sejak 2014. Moka didirikan oleh Haryanto Tanjo dan Grady Laksmono untuk membantu pelaku usaha di seluruh Indonesia agar dapat menjalankan bisnisnya lebih mudah, tanpa harus terjebak dengan pekerjaan administratif yang banyak menyita waktu, seperti rekap penjualan dan rekonsiliasi stok.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)