Jakarta Smart City dan TRAFI Tingkatkan Kerja Sama

Kerja sama aplikasi transportasi umum TRAFI, Jakarta Smart City, dan Transjakarta pada hari ini melangkah ke tingkat yang lebih strategis, yakni peningkatan dalam pengembangan sistem teknologi dan operasional, serta pengembangan jadwal informasi penumpang di halte Transjakarta yang menampilkan estimasi keberangkatan bus Transjakarta secara real time. Juga berkolaborasi dengan Jakarta Smart City dalam hal data sharing yang bermanfaat untuk menganalisis pola penggunaan transportasi umum guna pengembangan kebijakan dan perencanaan kota Jakarta lebih lanjut.

“Kami sangat mengapresiasi hadirnya TRAFI sebagai mitra aplikasi Pemprov DKI Jakarta. Hadirnya TRAFI diharapkan dapat mewujudkan konsep Smart Mobility yang menjadi salah satu dari 6 pilar Jakarta Smart City, di mana warga dapat dengan mudah mengakses transportasi publik khususnya Transjakarta. Data sharing yang dilakukan, diharapkan dapat bermanfaat untuk referensi kebijakan guna meningkatkan pelayanan transportasi publik yang lebih baik,” kata Setiaji, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City, Rabu (1/2).

TRAFI memberikan informasi real-time yang paling akurat untuk berbagai jenis moda transportasi perkotaan di Jakarta. Selain memberikan informasi untuk TransJakarta dan KRL, TRAFI saat ini telah memperluas cakupannya ke lebih dari 500 rute angkot, shuttle bandara, metromini dan bus-bus besar. TRAFI secara teratur memperbarui informasi transportasi umum dan baru-baru ini menambah beberapa operator jaringan bus di Jabodetabek, termasuk namun tidak terbatas pada Mayasari Bakti, DAMRI, Kopaja, Metromini, KWK, dan Mikrolet. Terlebih lagi, dengan semakin populernya ragam pilihan transportasi on-demand di ibu kota Indonesia, informasi untuk UBER, Grab dan GO-JEK juga telah terintegrasi, sehingga dapat memberikan pengguna pilihan lengkap untuk melakukan perjalanan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Versi baru dari aplikasi TRAFI dibuat sebagai home screen baru untuk akses mudah ke semua informasi transportasi dan untuk memperoleh petunjuk rute perjalanan. Dengan demikian, pengguna kini mengetahui jadwal keberangkatan kereta, stasiun bus terdekat atau rute perjalanan angkot. Informasi jadwal transportasi juga diperbarui guna menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan pertanyaan-pertanyaan pengguna lainnya dengan segera.

Pengguna akan mengetahui cara tercepat menuju tempat tujuan mereka melalui pencarian rute TRAFI yang diperbarui untuk Jakarta, yang kini tidak hanya menyediakan informasi arah termurah atau tercepat, tetapi juga informasi tentang rute yang paling dapat diprediksi yang mampu membantu mereka sampai ke tempat tujuan tepat waktu. TRAFI juga menghadirkan pengalaman pencarian rute yang baru dan mudah digunakan, serta memberikan semua informasi secara offline ketika pengguna tidak memiliki koneksi internet.

"TRAFI merasa terhormat ditunjuk sebagai mitra aplikasi bagi Jakarta Smart City dan aplikasi pendukung untuk Transjakarta. Smart City yang terorganisir adalah kota yang warganya semakin mengandalkan transportasi umum untuk bepergian dengan aman, yang beberapa tahun yang lalu hanyalah sebuah impian. Transjakarta telah mulai merealisasikan impian tersebut di Jakarta melalui sebuah sistem transportasi bebas macet menggunakan sistem BRT yang sekarang telah menjangkau sebagian besar wilayah Jabodetabek. TRAFI memberdayakan pengguna angkutan umum dengan memberikan mereka kendali yang lebih besar terhadap jadwal perjalanan di Jakarta menggunakan Transjakarta dan moda transportasi lainnya,” ujar  Dimas Dwilasetio, Country Manager Indonesia, TRAFI.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)