Solusi Huawei untuk Atasi Peningkatan Keluhan Pelanggan

Perkembangan teknologi komunikasi di dunia semakin pesat. Segala permasalahan dan keluhan dari pelangganpun tidak kalah meningkat. Jika 10 tahun yang lalu keluhan hanya seputar drop call, kini dengan perkembangan komunikasi selular dengan layanan datanya, kastemer sering mengeluh tentang kesulitan mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter dan sebagainya.

Photo 1 - Huawei Meluncurkan CEM Elite Club

Peralihan pengalaman kepuasan pelanggan tersebut yang harus diperhatikan oleh pelaku industri telekomunikasi. Dengan memberi edukasi, sharing ide dan pengalaman lewat berbagai studi kasus taraf international dan lokal dalam bidang Management Experience Management (CEM) antara pelaku industri telekomunikasi tadi, dapat meningkatkan pengalaman pelanggan operator telekomunikasi dan dapat mengenalkan pentingnya pengembangan solusi dan ekosistem CEM di Indonesia di masa depan .

Menurut Danny Yap Kok Ho, Direktur Pengembangan Solusi Customer Experience Management wilayah Asia Pasifik Huawei Technologies, dengan pengalaman dan prestasi Huawei terkait managing network dan pernah menjadi leader di ICT solution provider 3 tahun yang lalu. Huawei ingin 'menjual' pengalaman, ide dan pengatahuan tentang permasalah pengalaman customer lewat Customer Experience Management (CEM) Elite Club.

“Dengan adanya forum ini, semua pihak yang terlibat dapat memecahkan segala permasalan terkait kepuasan pengalaman pelanggan melalui sebuah team work. Forum ini juga didukung berbagai organisasi industri telekomunikasi seperti Forrester, TMF penyedia solusi CEM, operator terkemuka berskala internasional dan konsultan CEM lainnya.,” terang Denny pada SWA Online di Jakarta.

CEM Elite Club (Indonesia) merupakan sebuah organisasi regional pertama di dunia untuk industri telekomunikasi CEM yang dibentuk di bawah CEM Elite worldwide Club, mencakup topik termasuk solution architecture, benchmark dan metrics, metode pengukuran, studi kasus tentang standar layanan dan studi kasus dari pengalaman berbagai operator di seluruh dunia . Forum ini, beranggotakan para pelaku industri operator telekomunikasi dan bisnis partner Huawei Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu pasar strategis telekomunikasi yang tumbuh sangat pesat dengan total populasi lebih dari 250 juta penduduk dan lebih dari 280 juta pengguna ponsel. Dalam beberapa tahun belakangan ini, mobile internet tumbuh sangat cepat, seiring dengan itu pembangunan infrastuktur telekomunikasi harus mengimbanginya dengan kecepatan penuh. Hal tersebut yang menjadi alasan Huawei membidik pasar di Indonesia.

“Menariknya lagi, rata-rata penduduk di Indonesia memiliki lebih dari satu nomer handphone dan punya beberapa tipe ponsel pintar,” jelas Denny lagi. Jika tidak didukung dengan layanan tentang kepuasan pengalaman pelanggan, maka dukungan pemerintah terkait rencana strategi ICT untuk perkembangan ekonomi Indonesia dapat menghambat implementasi rencana strategis ICT.

CEM Elite Club mengadopsi sistem keanggotaan; para anggota juga dapat menikmati berbagai keuntungan dan fasilitas, serta bisa saling berbagi langsung mengenai pengalaman dan pemikiran mereka. Selain itu, CEM Elite Club juga akan menyelenggarakan seminar dan rapat berkelanjutan untuk mempromosikan pengembangan layanan ini dan mengembangkannya di seluruh dunia, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan dalam menikmati layanan di industri telekomunikasi . (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)