Jumlah Talenta Digital Diakselerasi

Ilustrasi foto : Dok

PT Metrodata Electronics Tbk mengembangkan potensi talenta digital nasional melalui berbagai program, pelatihan, hingga kompetisi untuk memperbanyak talenta digital. Emiten teknologi yang sahamnya bersandi MTDL ini, melalui anak usahanya PT Mitra Integrasi Informatika (MII) pada divisi Metrodata Academy sebagai mitra resmi Digital Talent Scholarship Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), berhasil melatih technical skill dan soft skill para mahasiswa lulusan terbaru melalui program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS).

Herryanti, Direktur MII, mengatakan program FGA DTS ini diharapkan berkelanjutan dan berkolaborasi bersama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia untuk menyiapkan talenta digital yang terampil dan inovatif di era digital. “Sesuai visi dan misi baru MTDL, kami akan terus menjangkau lebih luas talenta-talenta digital,” ucap Herryanti di Jakarta (10/1/2022)

Program FGA DTS merupakan pelatihan peningkatan kompetensi bidang TIK sebagai salah satu langkah inovatif MTDL menjadi pusat ekosistem digital nasional dengan memperbanyak talenta digital. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan agar memiliki kompetensi profesional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era industri 4.0.

Pada program ini, Metrodata Academy menggandeng tiga mitra resminya, yaitu ECCouncil, Oracle, dan Red Hat. Kebutuhan talenta digital hingga 2030 diproyeksikan sebanyak 600 ribu orang. Kemenkominfo menargetkan 100 ribu talenta digital yang tersertifikasi nasional hingga internasional di 2021 dan Metrodata Academy turut mensukseskan target Kominfo dengan mencetak lebih dari 850 lulusan baru tersertifikasi pada Oktober 2021.

Tidak hanya program pelatihan, dukungan lainnya dari MTDL melalui anak usahanya PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) mengadakan kompetisi Indonesia Edge.AI Challenge 2021 bersama Intel untuk mendukung talenta digital. Kompetisi ini menyasar bagi perusahaan dan Independent Software Vendor (ISV) yang sudah menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) yang dikembangkan dan siap dipasarkan. “Dengan adanya kompetisi Indonesia Edge.AI Challenge 2021, kami senang sekaligus bangga dapat melahirkan bibitbibit baru khususnya dalam bidang solusi AI dan ikut berkontribusi dalam mewujudkan ekonomi digital,” jelas Lie Heng, Solution Business Director SMI.  Ke depannya, MTDL melalui anak usahanya akan terus mendukung percepatan digitalisasi dengan menghadirkan talenta-talenta digital yang mampu bersaing secara global bersama dengan para mitra.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)