Jurnal Bantu UMKM Transformasi Digital

UMKM sedang dituntut untuk melakukan transformasi digital untuk meraih cakupan pasar yang lebih luas. Dari sekitar 64 juta populasi UMKM di Indonesia, baru 13 persen yang telah go digital. Kemenkop UKM pun menargetkan 10 juta UMKM dapat terdigitalisasi hingga akhir 2020. Saat ini telah ada 9,4 juta UMKM yang go digital. Jumlah tersebut, berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), bertambah sebanyak 1,4 juta dari tahun 2019 yang masih di angka 8 juta UMKM.

Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Muhammad Ikhsan Ingratubun, mengimbau anggotanya agar memanfaatkan digitalisasi untuk melakukan promosi serta penjualan produknya agar dikenal pasar lebih luas dengan cara yang efisien.

“Kemampuan branding, kualitas foto atau gambar produk dalam promosi di media sosial misalnya menjadi salah satu edukasi yang diberikan kepada anggota Akumindo,” ujar Ikhsan.

Ia menyebutkan, edukasi secara menyeluruh bagi pelaku UMKM untuk memahami bahwa transformasi digital tidak hanya sebatas eksis di e-commerce atau marketplace, tetapi keberlanjutan proses bisnis secara menyeluruh dengan memanfaatkan teknologi. 

Bertepatan dengan Hari UMKM Nasional, Mekari, selaku perusahaan Software as a Service, menegaskan komitmennya membantu UKM bertransformasi menjadi bagian dari ekosistem ekonomi digital. Salah satunya melalui produk aplikasi akuntansi online berbasis cloud yang dimilikinya yaitu Jurnal.

CEO Mekari, Suwandi Soh menjelaskan bahwa teknologi akan membantu UKM melakukan kolaborasi jarak jauh secara digital dengan rekan kerja, sekaligus membantu operasional UKM lebih efisien.

Jurnal memiliki 8 fitur utama yang dapat memudahkan operasional bisnis UKM yaitu Business & Financial Reports, Accounting, Transaction, Invoicing, Product & Inventory, Expenses, Tax Management, dan Mobile Accounting.

Jurnal juga secara aktif melaksanakan event edukasi baik secara offline ataupun webinar yang mengangkat berbagai topik terkait pemanfaatan teknologi bagi UKM untuk mengembangkan bisnisnya dari sisi operasional, keuangan, marketing, branding dan lainnya melalui program Jurnal Entrepreneur dan Jurnal Masterclass.

 “UMKM teruslah bertahan agar dapat menopang perekonomian Indonesia menjadi lebih baik lagi, khususnya di Q3. Gunakan cara penjualan dan pengoperasian usaha dengan biaya yang terjangkau, efektif dan efisien seperti pemanfaatan teknologi agar kita bisa meraih pasar internasional dan mampu bersaing dengan produk mancanegara lainnya,” tutur Ikhsan.

Hingga saat ini, Jurnal telah dipercaya oleh lebih dari 17.000 bisnis di seluruh Indonesia dan dapat diakses menggunakan metode berlangganan dengan biaya mulai dari Rp 199.000/ bulan. Khusus di Agustus ini, Jurnal memberikan promo khusus coba gratis selama 60 hari dan diskon hingga 25% serta training sebanyak 4 kali.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)