Jurus Lenovo Makin Eksis di Pasar Smartphone

Lenovo yang selama ini terkenal dengan produksi personal computer (PC)-nya, saat ini berusaha makin eksis lagi di pasar telepon pintar (smartphone) Indonesia. Smartphone produksi mereka sekarang sudah menjadi nomor dua dengan penjualan terbanyak di Cina. Sementara Lenovo sendiri menjadi perusahaan produsen peralatan koneksi pintar (smart connected devices) nomor tiga di dunia.

“Kita nomor dua di bisnis PC dunia. Saat ini kita sudah memasuki PC+ Era, yakni kecanggihan PC yang sudah digabungkan dengan kehebatan smartphones, tablets, dan smart tv's. Itu karena kita ingin bergerak lebih maju, dan kita juga ingin menjadi leading player di pasar indonesia jg dalam hal teknologi informasi. Penjualan PC kita secara keseluruhan tumbuh 14 kali lebih cepat dibandingkan pasar, market share sekarang 15,3%, naik 2,1% dari tahun lalu,” jelas Rajesh Thadani, General Manager Lenovo Indonesia, ketika ditemui di Jakarta, Selasa (25/6).

Maka, di pertengahan 2013 ini, mereka meluncurkan enam seri smartphone terbarunya, yang tentu saja sudah dilengkapi teknologi canggih masa kini, agar bisa menarik hati konsumen smartphone di Indonesia. Model-model smartphone yang diluncurkan mulai dari level awal (entry) sampai high end yang berkinerja tinggi.

“IDC mengharapkan migrasi ke smartphone akan jadi salah satu tren kunci untuk ICT di Indonesia pada tahun ini. Kami telah menunjukkan catatan jejak sukses dengan ponsel di Cina, tempat kami menjadi vendor nomor dua. Bisnis smartphone di Cina tumbuh dua kali lipat dari kinerja tahun lalu,” kata Rajesh.

Rajesh juga menerangkan bahwa penerimaan perusahaan dari MIDH, yakni divisi yang membawahi pemasaran produk-produk smartphone, tablet, dan smart tv, tercatat sebesar 9% dari total penerimaan perusahaan sampai pertengahan 2013 ini. Nilai ini meningkat 5% dari perolehan di periode sama tahun lalu.

Produk-produk smartphone yang diperkenalkan Lenovo yakni seri K900, P780, S920, S820, A706, dan A390. Kesemuanya mempunyai kelebihan masing-masing. Namun, produk yang paling diunggulkan Lenovo tentu saja adalah seri K900 yang merupakan level high end.

K900 disebut-sebut unggul dari segi desain dana kegunaan dibandingkan tipe smartphone keluaran Lenovo lainnya. Ponsel ini bisa jadi merupakan yang tertipis di kelasnya karena berukuran hanya 6,9 milimeter, dengan beratnya cuma 162 gram, dan terbuat dari komposit stainless steel alloy dan polycarbonate. Sehingga ponsel ini mudah sekali untuk diselipkan di kantong atau jas kita. Walau begitu, ponsel ini tetap mengikuti tren dengan memiliki layar yang lebih besar dan jelas.

“K900 merupakan salah satu smartphone di dunia yang mengombinasikan layar IPS 5,5 inchi dengan kinerja resolusi high definition (HD) penuh 1080p pada 400+ pixels-per-inch di bawah Gorilla Glass 2 touch-capacitive. Sehingga konsumen dapat menangkap foto dan video berkualitas HD, dan cocok untuk melihat halaman situs ukuran standar,” kata Agus Sugiharto, Director of MIDH Lenovo Indonesia.

Smartphone K900 tersebut juga merupakan yang pertama di dunia yang menggunakan prosesor terbaru Intel Atom Z2580, chip dual core yang berjalan pada 2,0 GHz, serta memakai teknologi Intel Hyper-Threading untuk mendorong efisiensi kinerja. Kemudian perangkat ini juga menampilkan Intel Graphics Media Accelerator yang berjalan dengan PowerVR SGX 544MP2 GPU, sehingga membuat kinerja grafis tiga kali lebih cepat daripada sebelumnya. “Ini membuat seri ini sangat responsif terutama untuk fungsi-fungsi utama seperti web-browsing, multi-tasking, dan pergantian aplikasi,” imbuh Agus.

K900 juga mempunyai fitur kamera yang dianggap terbagus di kelasnya saat ini. Megapiksel adalah spesifikasi pertama yang dikenali banyak pengguna untuk kamera digital, dan dengan 13 MP, maka ponsel ini ada di peringkat atas dalam kelasnya. Ini juga sudah dikombinasikan dengan sensor Sony Exmor BSI yang merupakan pemimpin dalam industri dengan kinerja yang menonjol

“Lenovo juga melengkapi K900 dengan lensa F1.8 focal length, sehingga menjadikan ponsel pintar ini sebagai yang pertama menyajikan wide aperture. Selain dari tambahan itu untuk kamera belakang, kamera depan juga telah diperluas hingga 88 derajat sudut pandang. Jadi konsumen dapat mengambil foto sendiri dengan mudah, jelas walau tanpa flash, dan dapat melakukan video call dengan lancar juga,” tutur Agus.

Menurutnya, Lenovo akan mengusung K900 sebagai flagship-nya, terutama jika itu dihubungkan dengan image-nya di pasar. Lenovo memang menunjuk bintang NBA, Kobe Bryant, sebagai duta promosinya. Bryant akan ditampilkan dalam iklan cetak, televisi, serta situs-situs media sosial di Cina dan Asia Tenggara. Bagi Lenovo, Bryant sudah dikenal luas di dua wilayah tersebut, dan dia merupakan sosok yang sangat cepat, persistent, dan robust, sehingga dia dipilih sebagai duta. Dan musim panas ini, Bryant akan berpartisipasi dalam beberapa acara kami di Asia.

“Nanti iklannya di mana-mana, kita akan datang dengan K900 yang Kobe Bryant ini, sementara yang new entry, strategi kita tidak perlu sampai bombastis, karena biasanya cukup ada ketersediaan produk di market, itu sudah akan jalan,” ucap Agus.

Harga ritel yang ditawarkan untuk seri K900 adalah Rp4,99 juta, A706 adalah Rp1,99 juta, A390 adalah Rp1,089 juta, S920 adalah Rp3,199 juta, P780 dan S820 adalah Rp2,99 juta. Smartphones Lenovo ini baru diedarkan secara luas pada Juli 2013 mendatang, dan bisa didapatkan di outlet Oke Shop dan Global Teleshop, serta toko ponsel di pusat-pusat penjualan seperti ITC Roxy Mas, ITC Cempaka Mas, Mal Ambassador, dan sebagainya.

“Kita juga senang memasarkan produk-produk Lenovo di 1100 toko Trikomsel, dan 15 ribu outlet yang lain. Penjualan smartphones di Indonesia sudah 70%, baik di high end sampai entry level. Semoga K900 bisa sukses di Indonesia, karena ini berkelas global. Ketika produknya sudah ada, kita ingin menjual sebanyak-banyaknya. Karena kita juga ingin mendapatkan market share yang baik di Indonesia,” ungkap Sugiono Wiyono Sugialam, Presiden Direktur PT Trikomsel Oke Tbk. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)