Kamus Collins Masukkan Kata BlackBerry Messenger

Kamus bahasa Inggris Collins memasukkan BBM™ sebagai salah satu kosa kata di edisi terbarunya. Masuknya kata BBM alias BlackBerry® Messenger menginisiasi aplikasi pesan instan tersebut memasuki ranah vernakular modern.

"Dimasukkannya BBM ke dalamCollins English Dictionary berarti mengakui statusnya sebagai salah satu jaringan yang paling populer di dunia jaringan sosial,” komentar T.A. McCann, Wakil Presiden BBM dan Komunitas Sosial di Research in Motion.

“Dalam beberapa tahun terakhir, istilah 'BBM' telah melampaui asal teknologi untuk menjadi merek yang merupakan bagian dari bahasa sehari-hari jutaan orang di seluruh dunia,” lanjut McCann, “Layanan itu sendiri terus berkembang, dengan kemampuan dari para 'BBMers' untuk berbagi konten, membuat grup dan bahkan memasang pembaruan status ke situs jejaring sosial seperti Facebook® dan Twitter® dari aplikasi BBM langsung."

Pengumuman dari Collins tersebut memperkuat referensi budaya baru pada 'BBM'.  Contohnya adalah yang baru-baru ini dilakukan sprinter Jamaika, Usain Bolt. Beberapa saat setelah memenangkan medali emas di 100 meter Olimpiade  London 2012, pemegang rekor dunia ini memberikan wawancara televisi dan berkata, "Yang saya harus lakukan adalah berterima kasih kepada beberapa orang yang memberi ucapan selamat melalui BBM saya dan itu cukup banyak".

Dari asal-usul sederhana sebagai alat bisnis, saat ini BBM digunakan oleh lebih dari 56 juta orang di seluruh dunia, dengan 70% dari pengguna melakukan 'BBMing' setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga dan rekan kerja.

Di Indonesia, sebagai negara yang sering disebut sebagai ‘BlackBerry Nation’, di mana BlackBerry mendominasi pasar smartphone, BBM merupakan aplikasi instan messaging yang paling digemari dan paling banyak digunakan.

BBM semula adalah aplikasi messaging instan gratis yang tersedia di semua smartphone BlackBerry, yang memungkinkan adanya komunikasi instan antara pelanggan BlackBerry. Aplikasi tersebut merupakan salah satu fitur paling populer di BlackBerry smartphone, yang memungkinkan pelanggan dengan mudah tetap terhubung dengan teman, keluarga dan kolega dan melihat bahwa pesan mereka telah disampaikan, dan dibaca. Setiap pengguna BBM memiliki profil pribadi (lengkap dengan foto atau avatar) dan mereka dapat memasang status pribadi dan membuat grup. BBM juga dapat diintegrasikan oleh pengembang ke aplikasi mereka sendiri, menambahkan dinamika sosial yang tak tertandingi untuk aplikasi 'BBM Connected'.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)