Kaspersky Perketat Keamanan Sistem ATM

Perusahaan keamanan siber, Kaspersky Lab, menilai ancaman paling umum yang menargetkan mesin ATM lebih bersifat fisik, seperti skimming dan pencurian terhadap Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Namun, ancaman atau serangan siber pada perangkat lunak juga mulai meningkat dengan sejumlah insiden yang melibatkan malware ATM.

Kaspersky Lab mengamati munculnya malware khusus ATM sejak tahun 2009. Contoh terbaru bahkan mengganti hardware card skimmers, tetapi juga memungkinkan penyerang untuk memaksa ATM yang terinfeksi untuk mengeluarkan uang tunai. “Salah satu serangan siber yang paling merusak pada tahun 2014-2015, dikenal sebagai Carbanak, di antaranya aksi penarikan uang tunai secara besar-besaran serta malware lain yang menargetkan ATM. Tahun ini kami juga mengamati perkembangan pesat dari perampokan bank berteknologi tinggi ini,” ujar Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia.

Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia Dony Koesmandarin, Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia

Meskipun ATM dan Point-of-Sale (PoS) terminal sangat beragam, namun keduanya memiliki kualitas yang sama. Biasanya kedua jenis mesin ini didedikasikan untuk satu tugas khusus dan hanya memiliki jumlah software yang sangat terbatas. Kemungkinan besar mesin-mesin ini adalah komputer yang terbatas-kinerjanya, sering menjalankan sistem operasi usang dan perangkat lunak seperti Windows XP. Juga ada kemungkinan bahwa ATM terhubung ke jaringan via saluran 3G dan nirkabel yang lambat serta penempatan yang tersebar di berbagai lokasi. Hal ini memberikan tantangan tambahan bagi keamanan dan manajemen. Pada saat yang sama, persyaratan kepatuhan termasuk PCI DSS sangat luas, dan tidak selalu menyertakan tingkat perlindungan yang diperlukan. Lanskap seperti ini sudah pasti memerlukan solusi khusus.

Kaspersky Lab telah mengumumkan ketersediaan Kaspersky Embedded Systems Security, solusi level enterprise yang dirancang untuk melindungi ATM, sistem PoS dan mesin Point of Service. Solusi ini ditujukan untuk melindungi beragam jenis platform yang berbasis Windows dan penanganan pengelolaan keuangan paling sensitif.

Kaspersky Embedded Systems Security melindungi ATM, PoS terminal dan sistem khusus lain seperti mesin penjualan tiket dari segala macam ancaman, dengan keandalan yang tinggi dan footprint rendah. Solusi ini tidak memerlukan banyak persyaratan bagi sistem jadi dapat beroperasi dengan sistem mulai dari 256 megabyte memori dan 50 megabyte disk space. Solusi ini melindungi mesin dari ancaman atau serangan siber, baik itu serangan jarak jauh, atau peretasan on-site ke sistem melalui USB stick.

“Adapun sistem ini tidak memerlukan update secara reguler karena mode Default Deny khusus yang dapat mengatur aplikasi tertentu secara default pada ATM dan PoS terminal. Solusi ini juga terintegrasi dengan Kaspersky Security Network berbasis cloud untuk memberikan informasi mengenai ancaman yang paling up-to-date dan cepat menanggapi serangan terbaru,” kata Dony. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)