Kegiatan Digital Melejit, Startup Harus Siap Bergerak Cepat

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan nantinya ketika pandemi Covid-19 mulai mereda, adaptasi startup yang telah dilakukan untuk survive selama pandemi akan menjadi modal untuk bergerak cepat.

“Kapasitas mereka (startup) akan meledak. Kalau dilihat sekarang, semua yang berkaitan dengan kegiatan digital naiknya gila-gilaan. Dengan adanya sektor-sektor di depan yang terakselerasi, sektor di belakang juga berkembang. Contohnya startup enabler dan healthcare,” paparnya dalam diskusi media, Kamis (14/10/2021).

Di samping itu, jelas Willson, pendanaan East Ventures di 2021 melonjak tajam. Di Q3 2021 misalnya, East Ventures sudah menggelontorkan pendanaan dua kali lipat dibandingkan sepanjang tahun 2020. Hal ini menjadi bukti bahwa akselerasi platform digital akan terus berjalan.

Willson juga buka suara soal Traveloka yang memilih mundur dari listing di bursa AS lewat SPAC. Mempelajari tren SPAC di Amerika Serikat saat ini, Willson berpandangan keputusan batal IPO adalah yang terbaik.

“Yang terjadi di Amerika Serikat saat ini banyak sekali orang yang menarik uangnya. Jadi kalau dipaksakan di SPAC, bisa-bisa Traveloka tidak mendapat investasi sama sekali karena trennya sedang seperti itu. Ke depannya kita tidak tahu apa yang dilakukan Traveloka, tunggu saja tanggal mainnya,” tuturnya.

Portofolio East Ventures lainnya yakni Stockbit diyakini Willson trennya akan terus berlanjut. Ia mengatakan, masyarakat makin punya pilihan investasi. Oleh karena itu, pendekatan yang dilakukan Stockbit ada dua, pendekatan ekstrem dengan stock trading atau wealth management dengan pembelian reksadana.

“Stockbit punya dua-duanya, stock trading dan reksadana (melalui platform Bibit). Jadi trennya akan meningkat terus,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)