Kemenkominfo-AIC Dorong Masyarakat Berinternet Sehat

Seiring dengan pertumbuhan pengguna komputer di dalam rumah tangga sekitar 25,8%, masyarakat tidak lagi menganalogikan internet sebagai wadah bermain. Tingginya kebutuhan akan informasi, strategi pemasaran ataupun berkomunikasi via internet memunculkan kesadaran bahwa berinternet pun harus 'cerdas' dan 'sehat'.

Untuk membangun lingkungan online yang lebih aman dan berkomitmen untuk keamanan online, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Asia Internet Coalition (AIC) bekerja sama untuk menyelenggarakan Seminar Internet Sehat dan Aman. Acara ini merupakan inisiatif pertama pemerintah Indonesia dengan perusahaan besar internet seperti eBay, Google, Skype dan Yahoo! untuk saling berkolaborasi dan berbagi praktik terbaik dalam industri online dan membantu membangun lingkungan online yang lebih aman.

Saat ini, Indonesia memiliki hampir 45 juta pengguna Internet, penetrasi komputer dalam rumah tangga tumbuh pada tingkat pertumbuhan 25,8% per tahun dan merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan jumlah pengguna baru internet yang tercepat di dunia. Oleh karena itu, kebutuhan untuk sumber daya online dan cara penggunaan teknologi online yang aman adalah sebuah keharusan. “Kami menghargai kolaborasi antara Asia Internet Coalition dengan pemerintah Indonesia dalam hal keamanan online. Kami senang melihat inisiatif seperti ini yang meningkatkan kesadaran dan membangun keamanan online dunia untuk pengguna internet di Indonesia.” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

“AIC telah menetapkan tujuan utamanya untuk mempromosikan keamanan dan penggunaan online yang bertanggung jawab di kalangan anak-anak dan remaja secara global. Melalui acara Seminar Internet Sehat dan Aman ini, anggota AIC bergabung untuk mencapai tujuan mereka dalam mendorong orang tua, guru dan masyarakat guna mempengaruhi dan mendidik anak-anak mengenai bagaimana cara aman saat online,” kata Executive Director, John Ure.

Para anggota AIC bekerja dengan rekan-rekan sesama industri, pemimpin pendidikan, kelompok keselamatan anak-anak dan aparat penegak hukum untuk mencari cara-cara baru guna melindungi anak-anak di saat online dan menciptakan lingkungan yang ramah anak-anak bagi para pengguna internet baru. Peluncuran acara ini sejalan dengan komitmen AIC untuk memastikan bahwa pengawasan anak-anak dan orang dewasa sudah dilengkapi dengan perangkat yang tepat untuk menavigasi Internet dan menggunakannya dengan cara yang positif.

AIC merupakan asosiasi industri yang didirikan oleh eBay, Google, Skype dan Yahoo! di Hong Kong. AIC bertujuan untuk mempromosikan pemahaman tentang isu-isu kebijakan Internet di kawasan Asia Tenggara. Koalisi ini merupakan yang pertama di Asia yang menggabungkan empat perusahaan teknologi global dengan komitmen komersial dan filosofis terhadap Internet yang terbuka. Diketuai oleh Dr. John Ure, Director of the Telecommunications Research Project (TRP) di Hong Kong University, AIC bertujuan untuk mendapat dukungan dari para pembuat kebijakan, industri dan pengguna untuk mempromosikan tujuan-tujuan tersebut.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)