Kenalkan PC Liliput, NUC - Intel Asah Imajinasi Channel

Next Unit of Computing (NUC) alias PC liliput tak lama lagi akan masuk ke pasar Indonesia. Desktop board 4 inci persegi dan tebal 1,5 inci tersebut rencananya mulai beredar di pasar komputer Indonesia pekan depan dengan harga mulai dari US$ 300. PC liliput ini telah dikenalkan channel Intel dalam Intel Channel Conference.

Next Unit of Computing (NUC), Liliput PC 4 Inci

“NUC itu bukan cuma motherboard, dia sudah full PC dengan prosesor Intel Core i3 seperti Ultrabook dan dia low watt,” ungkap Sanny Villa, Head of Channel Sales Intel Indonesia. Seperti layaknya PC, untuk menggunakan kotak yang tak lebih lebar dari telapak tangan orang dewasa ini hanya dengan menghubungkan ke monitor.

Intel mengenalkan liliput PC kepada channel-nya dalam Intel Channel Conference. Caranya cukup unik. “Kami menunjukkan NUC di slide, kemudian kami bebaskan channel berimajinasi bisa jadi apa kotak itu,” kata Sanny kepada reporter SWA Online.

Ia menuturkan, imajinasi channel dalam konferensi tersebut sangat beragam. Ada yang memproyeksikan NUC sebagai digital signage, PC home, media TV, PC di mobil, pengganti Xbox, bahkan remote mobile gaming. “Wah berarti nanti saya tinggal install game-game di NUC, terus bisa saya mainkan di mana-mana, bisa saya mainkan di apartemen teman-teman juga,” tutur Sanny menirukan komentar salah satu channel Intel yang hendak menggunakan NUC sebagai remote mobile gaming.

NUC di Indonesia akan hadir dalam berbagai spesifikasi dalam dua tipe, yakni DC3217BY untuk Thunderbolt dan DC3217IYE untuk dual HDMI. DC3217BY mengunggulkan fleksibilitas dan customizable. Dengan teknologi wireless stream, NUC tipe ini dapat digunakan untuk memutar film, foto, dan game di rumah maupun di kantor. Tipe ini terintegrasi dengan 3 port USB, 1 HDMI, dan 1 port untuk Thunderbolt.

Sementara DC3217IYE mengunggulkan kemampuan untuk menampilkan dua display. Karena itulah Intel menanam 2 port HDMI pada tipe ini. Selain itu 3 port USB dan Gigabit LAN pun terintegrasi dengan NUC DC3217IYE. Jenis tersebut memang mengandalkan sisi visual dan performa.

Dibanderol US$ 300, konsumen bisa mendapatkan satu unit NUC ‘kosongan’. Untuk memperoleh NUC versi lengkap dengan WiFi, memori yang memadahi, dan Ensata, konsumen harus merogoh kocek lebih dalam, di atas US$ 400 per unit. Melalui channelnya, NUC akan dipasarkan baik ke institusi dan ke end-user secara langsung. Liliput PC ini mendukung layar sentuh maupun layar konvensional. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)