Kerja Makin Fun dengan Takzo Karya Anak Bangsa

Satu lagi karya anak bangsa yang patut diacungi jempol. Adalah 10 muda mudi kreatif yang tergabung dalam Qajoo Studio (baca : Kayu Studio) merilis sebuah aplikasi task management bernama Takzo versi Beta. Ini merupakan task management pertama karya developer lokal, yang siap bersaing dengan task management buatan asing.

“Qajoo Studio yang digawangi oleh 10 anak muda Indonesia, dapat kembali menghadirkan terobosan baru di bidang teknologi informasi berupa aplikasi task management yang diberi nama Takzo,” ujar Alexander Budiman, founder sekaligus CEO Qajoo Studio dalam sebuah acara semi talkShow di Gedung Cyber 1, Jakarta. Dalam kesempatan itu, hadir juga Rieky Wijaya, COO Qajoo Studio dan Ariel, CCO Qajoo Studio.

Apliikasi Takzo dikemas dalam dua versi yaitu Free dan Premium. Untuki Takzo Free version berlaku untuk maksimal 5 account untuk setiap proyek atau task, termasuk 1 Default Organization dengan kapasitas penyimpanan (storage) data 2 GB. Pengguna Takzo Free version dapat menikmatiseluruh fitur basic task management, Performance, Free Stickers, dan integrasi upload dengan tautan link ke Google Drive dan Dropbox.

Takzo Alexander Budiman, founder & CEO Qajoo Studio, Ariel, COO Qajoo Studio dan Rieky Wijaya, COO Qajoo Studio

Apabila pemilik account ingin menambahkan jumlah anggota timnya ke dalam organisasi di aplikasi Takzo maka akan dikenakan biaya U$5 untuk setiap pengguna yang di invite oleh Creator Organization. Biaya yang sama juga akan dikenakan apabila pemilik account ingin menambahkan kapasitas penyimpanan data lebih dari 1 GB, atau ingin menikmati fitur-fitur lainnya dalam aplikasi Takzo Premium version.

Selain unsur fun, Takzo yang sementara ini hadir dalam bentuk web dan vesi beta ini turut dibekali sejumlah fitur seperti Insights, Time Tracking, dan LBS (Location Based Service). Fitur itu dikembangkan agar pengguna, baik individu atau organisasi, dapat memaksimalkan performa secara nyata. Bahkan tersedia comment task yang membuat setiap orang langsung berkomentar secara real time.

Ya, manfaat Takzo membantu penggunanya mengerjakan tugas dalam suasana yang menyenangkan (fun). Mulai dari memberi komentar, feedback, rating, hingga evaluasi performance bisa dilakukan dengan cara yang fun dengan beragam fitur dalam Takzo.

Aplikasi Takzo hadir untuk memenuhi kebutuhan personal maupun pelaku usaha dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dengan tim dengan cara yang menyenangkan. Saat ini Takzo masih dalam versi Beta dan berbasis aplikasi website yang dapat diakses di PC atau laptop. Namun dalam waktu dekat, akan segera dirilis aplikasi Takzo yang berbasis iOS dan Android.

BYOD (Bring-Your-Own-Device) tengah menjadi trend saat ini. Banyak perusahaan yang kini membebaskan karyawannya untuk memilih membawa perangkat komputer, tablet atau smartphone mereka sendiri termasuk memilih aplikasi yang disukai dalam mengurus pekerjaannya.

Saat ini tercatat jumlah pengguna smartphone berbasis Android telah mencapai 1 miliar lebih dan 700 juta untuk pengguna smartphone berbasis iOS. Di antaranya para pemilik usaha maupun para karyawan yang dituntut untuk selalu produktif serta dapat menjaga keseimbangan antara pekerjaan, kehidupan pribadi dan fleksibilitas lokasi kerja.

Perubahan ini menuntut para pekerja, pelaku bisnis dan pihak perusahaan untuk dapat bekerja lebih cerdas, terorganisir, dengan pendelegasian tugas yang lebih jelas serta berjalan lancar sehingga seluruh tim dapat bekerja cepat. Hal ini menciptakan kebutuhan akan aplikasi mobile yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan personal maupun perusahaan. Banyak aplikasi mobile task management yang ada di market saat ini. Namun sayangnya aplikasi yang sudah ada saat ini memiliki tampilan yang cenderung datar atau tidak memiliki unsur ‘fun (menyenangkan)’.

“Para pelaku bisnis dan karyawan kantor membutuhkan alat yang lebih dari sekadar membantu mengelola projyek dan task mereka. Sebagai mobile application developer, peluang inilah yang Qajoo Studio tangkap yaitu menciptakan Takzo, sebuah aplikasi task management yang fun dan smart,” tutur Alex.

Lima fitur unggulan Takzo

Sejumlah fitur andalan Takzo Task Management di antaranya yaitu, Feedback instant dan analitik dalam task management. Fitur ini bermanfaat agar bisa berinteraksi langsung dengan semua anggota tim dalam proyek. Semua anggota tim dalam satu proyek atau tugas bisa langsung berkomentar dalam comment task. Solusi atau gagasan baru untuk proyek atau tugas dapat langsung dibicakan secara terarah dan fokus termasuk memberikan apresiasi atau feedback atas ide yang dianggap cemerlang (brilliant) menggunakan rating jumlah bintang.

Fitur kedua, transparansi performance dan recognition. Fitur ini untuk meningkatkan kinerja dan motivasi tim. Seluruh anggota dalam organisasi di Takzo Task Management dapat melihat peringkat Top 3 Performers dalam organisasi mereka dan performance anggota tim lainnya. Mereka juga dapat melihat berapa jumlah total proyek dan tugas lengkap dengan statusnya. Melalui Takzo Task Management, Creator Organization dapat memberikan apresiasi atas setiap progress kepada anggota timnya, dalam bentuk Praise Badges “Well Done” hingga “Good Job”.

Fitur ketiga, teknologi Location Based Service (LBS). Fungsi teknologi LBS ini akan membantu manajer proyek/kepala tim dalam melacak keberadaan/posisi tim nya di lapangan. Yaitu untuk mengetahui apakah mereka sudah berada di lokasi proyek atau tidak. Ketika pengguna memberi comment, attach file, atau meng-upload foto pada sebuah task, maka lokasi keberadaan anggota tim pun akan muncul.

Fitur keempat, unsur fun bernuansa budaya Indonesia. Kebanggaan sebagai developer lokal asli Indonesia, aplikasi Takzo Task Management dirancang dengan menyediakan berbagai fasilitas yang diperlukan dalam komunikasi tim serta aneka sticker yang fun dan unik dengan tampilan unsur budaya Indonesia. Seperti karakter sticker Fahombo yang diangkat dari olah raga tradisional suku Nias dan karakter fiktif penjual Sate Madura-Perancis, “Cak Durae”. Kehadiran stiker lucu ini diharapkan dapat mengurangi tingkat ketegangan dalam pekerjaan yang dihadapi oleh anggota tim, dengan demikian komunikasi tak hanya dapat berjalan lancar namun juga menyenangkan.

Fitur kelima, kolaborasi online. Takzo adalah cross platform task management app, sehingga memungkinkan seorang manajer untuk berkolaborasi dengan timnya untuk berbagai proyek yang berbeda, melalui perangkat komputer, tablet atau smartphone dengan basis Android dan iOS. Alhasil, di mana pun anggota tim berada, tetap bisa berkomunikasi serta selalu up to date terhadap progres proyek mereka. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)