Kiat Agar Tetap Terhubung dengan Audiens Lewat Virtual Engagement

Tak hanya berdampak pada bisnis, pandemi juga turut memengaruhi cara masyarakat berkomunikasi akibat adanya peraturan social distancing. Acara-acara yang melibatkan kerumunan ditiadakan, begitu juga dengan berbagai kegiatan yang sebelumnya bisa dilakukan secara bertatap muka.

Beradaptasi dengan pola penyelenggaraan acara saat ini yaitu dilakukan secara daring, para event organizer dituntut untuk menggali konsep acara yang lebih bervariasi agar bisa meningkatkan engagement secara virtual. Namun sebelum itu, perlu diketahui pondasi dari konsep virtual engagement agar acara yang diselenggarakan bisa mencapai objektif yang diharapkan.

Manager Maverick, Marsha Imaniara mengemukakan ada tiga holy trinity yang perlu diperhatikan dalam  menciptakan virtual engagement, yaitu menentukan Business & Communication Objectives, Target Audience, dan Strategy Umbrella.

“Salah satu potensi yang paling besar dari virtual engagement adalah kemungkinan menyasar end consumer secara langsung tanpa perantara tapi juga dilakukan secara interaktif dan live. Sehingga action yang ingin dilakukan pun bisa secara real time,” jelasnya dalam webinar yang dilaksanakan Maverick, Selasa (20/10/2020).

Marsha menambahkan, sebelum mengonsep suatu acara, pihak penyelenggara juga harus menentukan apakah virtual engagement yang dilakukan merupakan acara yang berdiri sendiri atau menjadi suatu rangkaian bertahap yang menumbuhkan awareness audiens terhadap suatu brand atau perusahaan.“Setelah itu, barulah kita bisa mengonsep acara daring yang efektif,” ujar Marsha.  

Selain webinar yang sudah umum dilakukan dalam meningkatkan virtual engagement, ada juga beberapa konsep lainnya seperti gallery style exhibition, acara musik, bahkan e-sport match.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)