Kini, Film Independen Lokal Bisa Ditemukan di GoPlay

GoPlay menunjukkan dukungan kepada para pelaku industri film indie melalui GoPlay Indie. Dalam peluncurkan perdananya, GoPlay Indie akan menampilkan 200 film indie lokal.

Para pengguna GoPlay dapat menyaksikan pilihan konten film indie dari berbagai genre, mulai dari aksi, komedi, drama horror, thriller, animasi, dokumentar, hingga film anak.

Head of Corporate Strategy GoPlay Martinus Faisal mengatakan salah satu misi GoPlay adalah menghadirkan katalog film dan serial berkualitas Indonesia. Katalog ini, menurut Martinus, adalah pembeda GoPlay dari video-on-demand lainnya.

“GoPlay Indie tidak hanya menjadi platform yang mewadahi dan memperluas jangkauan karya para sineas tanah air, tetapi juga membuka akses bagi para pengguna untuk menikmati film independen Indonesia,” jelas Martinus saat konferensi pers, Selasa (24/11/2020).

Sebagai awal dari inisiatif ini, GoPlay berkolaborasi dengan sejumlah komunitas, rumah produksi, universitas, pemerintah, hingga para pegiat film independen, termasuk Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), Indonesia Sinema Persada (ISP), dan Minikino Film Week Bali International Short Film Festival.

Konten dengan berbagai genre dalam GoPlay Indie tersebut hadir dalam bentuk serial dan film, dimulai dari yang berdurasi lima (5) menit. Para pengguna GoPlay dapat mengakses GoPlay Indie dengan beberapa cara, melalui Konten Galeri dengan berlangganan (Subscription video-on-demand atau SVoD) dan fitur rental pay-per-view untuk film spesifik yang ingin ditonton (Transaction video-on-demand atau TVoD). Selain itu, para pengguna dapat menikmati beberapa film secara gratis (Free video-on-demand atau FVoD).

Martinus menambahkan, GoPlay menyediakan skema monetisasi yang lebih baik bagi para sineas dan kreator konten melalui mekanisme revenue sharing.

“Berkaca dari model yang sama pada bioskop yang telah terbukti meraih kesuksesan dengan pencapaian jutaan penonton pada film box office, model revenue sharing dapat menjadi stimulus bagi para sineas untuk terus giat meningkatkan kualitas karya,” tambahnya.

Dalam skema tersebut, para pembuat film independen mendapatkan persentase pendapatan berdasarkan skema yang dipilih, yaitu SVoD, TVoD, atau FVoD. Selain itu GoPlay meluncurkan fitur Tipping dengan menyediakan akses bagi para pengguna untuk memberikan apresiasi langsung kepada para pembuat film independen agar memacu mereka untuk terus berkarya. Nilai apresiasi tip dimulai dari Rp3.000 dan selama periode November 2020, GoPlay akan memberikan program Tipping khusus dengan menambahkan satu kali lipat tip yang pengguna berikan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Goplay

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)