Kolaborasi Anchanto dan Telkom Garap Solusi Manajemen E-Commerce

Anchanto, perusahaan penyedia teknologi SaaS untuk e-commerce yang berbasis di Singapura, menjalin kemitraan dengan Telkom Indonesia. Melalui perusahaan modal ventura Telkom, MDI Ventures, yang membenamkan pendanaan sebesar US$ 4 juta pada akhir tahun 2018.

Anchanto bersama Telkom menggarap solusi teknologi bagi pemegang merek, penjual, peritel, dan distributor dalam memudahkan penjualan e-commerce multi-saluran. Vaibhav Dabhade, CEO Anchanto, melihat bahwa kendala dari kebanyakan e-commerce adalah operasional yang tidak terorganisir dengan baik. Anchanto menawarkan Web Apps yang membantu menghubungkan penjual online dan para pemain logistik di seluruh dunia.

“Kami adalah Pan-Asian multichannel e-commerce ecosystem yang membantu merek, penjual online, retailer, distributor, penyedia logistic, warehouse, dan asosiasi pos untuk melengkapi diri mereka dengan kapabilitas terbaik,” ujar Vaibhav.

Perusahaan yang mulai masuk pasar Indonesia pada tahun 2017 ini, menawarkan dua produk utama yaitu platform manajemen penjualan e-commerce, bernama SelluSeller, dan sistem manajemen warehouse, bernama Wareo.

Vicky Hardiman, Sr. Business Develompent Manager Anchanto, menjelaskan, Wareo diperuntukkan bagi operasi logistik dan manajemen pergudangan skala besar, sementara SelluSeller untuk membantu bisnis dalam melaksanakan operasi penjualan melalui beragam saluran, seperti manajemen katalog, pemrosesan order, pengaturan perubahan harga dan promosi, serta manajemen inventaris pada berbagai saluran penjualan secara real time.

“Aplikasi untuk picking, packing, dispatch dan inbound di domain B2B dan B2C, memfasilitasi operasi pergudangan. Sistem juga sudah terintegrasi dengan lebih dari 35 operator seperti Ninja Van & DHL, juga memungkinkan lintas batas e-commerce,” jelasnya.

Vicky mengungkapkan bahwa kontribusi pasar Indonesia terhadap revenue Anchanto berkisar 15%. “Sepanjang 2016-2018 di pasar Indonesia kan kami hanya fokus di ritel, kontribusinya 10%-15%. Nah sekarang baru masuk pasar ini, harapannya ada peningkatan 4 kali lipat,” ujar Vicky.

Anchanto telah beroperasi di lebih dari 14 negara dengan 3.000 perusahaan dan 7.000 penjual online sebagai mitra, memproses sekitar 10.000 order per menit dengan total lebih dari SGD 1 miliar gross merchandise value (GMV) untuk jumlah order yang telah diproses sampai saat ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)