Kolaborasi Farmaklik Group dan UI Bangun Apotek Digital

Farmaklik Group dan Universitas Indonesia (UI) akan mewujudkan apotek berbasis digital pertama di Indonesia untuk menghadapi tantangan masa depan. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Presiden Direktur Farmaklik Group Apt. Ridho Muhammad Sakti, S.Farm dengan perwakilan UI antara lain Dekan Farmasi UI Prof. Dr. Apt. Arry Yanuar, M.Si (28/5/2022)

Ridho menjelaskan permasalahan pengelolaan apotek di Indonesia saat ini yang mayoritas masih dijalankan secara konvensional, Sehingga pihaknya menghadirkan inovasi pengelolaan apotek berbasis teknologi digital yang telah memfasilitasi lebih dari 16.000 apotek dan diuji coba dalam rangkaian acara inkubasi oleh PT UI Advisory sejak awal tahun.

Dia juga melihat dalam praktiknya mendatang, sistem manajemen rantai pasok apotek berbasis data online dan offline ini diharapkan dapat menghubungkan 16.000 rantai apotek di seluruh Indonesia yang meliputi sistem real-time pengelolaan, distribusi barang, inkubasi, dan pendanaan apotek dalam satu aplikasi.

Nantinya, Apotek Pharma UI akan menjadi permodelan nasional apotek masa depan, dengan memaksimalkan kemampuan riset akademis, standarisasi layanan pendidikan apoteker disektor farmasi klinis dipadukan dengan ekosistem yang telah dibangun oleh Farmaklik Grup. Apotek Pharma UI menjadi incubator bagi mahasiswa farmasi UI untuk menjadi pharmapreneur dan studi update Pendidikan profesi apoteker.

Pada kesempatan tersebut, Arry Yanuar menyampaikan bahwa perlu adanya integrasi dalam pelayanan kefarmasian, terutama pengelolaan apotek. “Apotek Pharma UI akan menjadi permodelan apotek nasional yang terstandar dan berdaya saing,” tuturnya.

Untuk mewujudkan pelayanan kefarmasian yang terintegrasi, Ridho menyatakan pihaknya juga sedang membangun ekosistem kefarmasian dari hulu ke hilir yang berkelanjutan. Ekosistem tersebut mencakup dari pendidikan & riset, hingga rantai distribusi dan ritel termasuk di dalamnya industri farmasi, distributor, apotek, rumah sakit hingga klinik. “Kerja sama membangun Apotek Pharma UI ini diharap bisa menjadi wujud nyata bakti Farmaklik Grup kepada Almamater dan khususnya sistem kesehatan di Indonesia,” terang Ridho.

Syahnan berharap agar kolaborasi antara perusahaan yang dikelola oleh UIC dengan fakultas termasuk UKK terkait hasil dari kerja sama ini akan meningkat. Sehingga menaikan peran strategis UI dalam membangun bangsa dan negara. “Ini dapat menjadi akselerator dalam membawa manfaat bagi masyarakat banyak terutama dibidang startup apotek online offline dengan farmaklik,”ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)