Komitmen Alfacart.com Perkuat Layanan O2O

Meski baru berdiri sejak Mei 2016 ini, Alfacart.com sebagai jaringan bisnis Online-to-Offline (O2O) terus menunjukkan pertumbuhan yang baik. Hingga hampir di pengujung tahun 2016 ini, Alfacart.com sudah mampu bersinergi dengan lebih dari 8.000 toko Alfamart untuk menyediakan layanan pembayaran langsung di kasir toko setempat.

img-20161218-wa0005

Mengawali pembentukan Alfacart.com ini, para pendiri Alfacart salah satunya Catherine Hindra Sutjahyo, CEO Alfacart.com berbagi bahwa semuanya berawal dari berbagai isu utama mengenai e-commerce di Indonesia. “Kami melihat e-commerce di Indonesia berkembang, tapi tidak seperti negara tetangga. Isu utama yang masih sering menjadi permasalahan industri e-commerce adalah logistik, payment, internet dan costumer trust,” cerita Catherine.

Dari keempat isu utama tersebut Catherine dan kawan-kawan menangkap peluang besar untuk menjawab berbagai tantangan tersebut. Misalnya untuk hal logistik, Alfacart.com sudah mempunyai jaringan distribusi yang luas berkat kerja samanya dengan Alfamart. Sedangkan untuk payment, Alfacart.com menyediakan layanan Pat ay Store atau pembayaran langsung di kasir-kasir toko Alfamart dengan jumlah 12.389 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kemudahan juga ditawarkan Alfacart.com bagi para mitra-penjual yang akan mengirimkan produk yang dijual melalui fasilitas Drop 0ff Point di lebih dari 2.000 toko Alfamart. “Kami berharap dapat mendukung optimalisasi kinerja para mitra khususnya kalangan UKM dan UMKM dalam mengakselerasi pemasaran mereka,” kata Haryo Suryo Putro, COO & CMO Alfacart.com.

Peningkatan pertumbuhan penjualan di Alfacart pun terbilang sangat signifikan. Contonya, dari bulan Oktober 2016 ke November 2016 penjualannya meningkat sebsar 42,84%. Dengan produk yang paling diminati berasal dari kategori groceries sebesar 48,4%.

Uniknya Alfacart meski platform berbasis digital, pengguna terbesarnya justru bukan datang dari wilayah Jabodetabek, melainkan dari wilayah Jawa Timur sebesar 42%. “Banyaknya transaksi dari luar wilayah Jakarta mengindikasikan tingginya keinginan konsumen, terutama yang tinggal di daerah-daerah untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh barang dan produk terkini,” kata Ernest Tjahjana, CCO Alfacart.com.

Ke depannya, Alfacart.com akan terus meningkatkan inovasi dan pelayanannya. Salah satu inovasi yang akan segera diluncurkan di tahun 2017 nanti adalah adanya fasilitas Return Point dan Purchase Point.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)