Kompetisi yang Mendidik Technopreneur Muda, Ayo Ikut!

Seremoni dimulainya IWIC ke 9 Seremoni dimulainya IWIC ke 9

Ajang tahunan Indosat yang ditujukan bagi pemuda-pemuda yang berbakat di bidang TI, khususnya pada sektor mobile telecomunication kembali digelar. Acara yang bertajuk Indosat Wireless Innovation Contest 9 ini akan berlangsung selama 5 bulan hingga November 2015.

Seperti acara-acara IWIC seri sebelumnya, IWIC 9 menjadi wadah bagi para technopreneur muda untuk menyalurkan aspirasi dan ide-ide kreatif mereka dalam membuat aplikasi teknologi mobile yang memiliki potensi untuk menjadi solusi-solusi baru bagi kepentingan hidup orang banyak. Yang membedakan IWIC 9 dari para pendahulunya adalah, adanya kategori lomba baru, diselenggarakannya pelatihan bagi para nominator, dan  beasiswa yang ditujukan bagi para pemenang ajang ini untuk belajar di Founders Institute.

Selain itu, yang membedakan IWIC 9 ini juga adalah adanya pembagian proposal lomba yang dapat diajukan peserta menjadi 2 macam kategori : proposal ide dan proposal terimplementasi.

Proposal ide adalah paparan berisi ide akan sebuah produk atau layanan dari peserta yang belum diimplementasikan menjadi bentuk nyata. Sedangkan proposal terimplementasi adalah proposal ide peserta yang sudah disertai dengan prototype dari produk atau layanannya tersebut. Klasifikasi ini diterapkan demi memudahkan para calon peserta dalam mendaftar.

Kategori lomba yang baru adalah kategori woman yang mengajak para technopreneur perempuan untuk berkarya, juga mengajak para peserta menghasilkan teknologi khusus bagi kepentingan perempuan.

Berambisi mencetak wirausaha-wirausaha muda di bidang teknologi, IWIC tahun ini pun mengadakan pelatihan khusus bagi para nominatornya. Pelatihan ini diberi nama Innovations Bootcamp yang akan berlangsung selama 2 hari di jakarta. Bagi para peserta anak-anak, Indosat pun nanti akan menyelenggarakan Kids Coding Camp selama 3 hari di Menara Indosat.

Selain mengadakan pelatihan-pelatihan khusus tersebut, Indosat bekerjasama dengan Haruka Edu menyediakan kelas technopreneurship online per minggunya untuk para peserta. Kelas ini bisa diakses melalui microsite dari IWIC 9 dan berisi panduan dari beberapa wirausaha teknologi lainnya yang telah sukses. Para wirausaha tersebut berbagi tentang bagaimana cara mereka membangun perusahaan mereka dari awal.

Para peserta pun nantinya akan dibimbing untuk menumbuhkan ide kreatif dan dilatih untuk menulis proposal dengan baik. Pelatihan ini dibuat dengan tujuan untuk mendidik para peserta agar lebih matang dan menjadi kandidat-kandidat berkualitas yang siap untuk memenangi kompetisi ini.

Nantinya, untuk lebih mengasah kemampuan para pemenang dari kompetisi ini, Indosat bekerjasama dengan Founders Institute memberikan kelas ekstra selama 4 bulan. Kelas yang akan diselenggarakan oleh institut tersebut akan melatih para technopreneur muda untuk mendapat dan mengolah ide agar bisa terwujud, bermanfaat bagi orang banyak, dan juga menjadi bisnis yang berhasil.

Ajang ini mengangkat anak muda sebagai peserta agar mengajak para pemuda tidak hanya semata-mata menjadi pengguna teknologi, tetapi juga mampu memanfaatkannya. Alexander Rusli, CEO Indosat, yakin bahwa generasi technopreneur muda akan menjadikan hidup lebih baik dengan solusi-solusi kreatif baru. Bersamaan dengan berakhirnya pengantar singkat dari Alex yang ditutup oleh jargon “technopreneur muda, tunjukan solusimu!”, IWIC 9 pun dimulai. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)