Konsumen Berpaling ke Tablet, Penjualan PC Turun

Penjualan komputer pribadi (PC) di seluruh dunia pada kuartal 2 tahun ini mengalami penurunan sebesar 0,1%. Konsumen kini berpaling ke gadget baru seperti tablet.

Sebuah hasil survei kuartalan dari firma riset Gartner menunjukkan, pengiriman PC yang tidak termasuk komputer tablet, mencapai 87,5 juta unit pada kuartal kedua 2012. "Pasar PC melewati ke-7 kuartal berturut-turut yang mengalami penurunan," kata Mikako Kitagawa, analis di Gartner, seperti dilaporkan AFP.

Ekspektasi tinggi untuk segmen notebook tipis dan ringan yang dikenal sebagai ultrabook, ternyata realisasinya hanya mampu memberi dampak kecil bagi penjualan PC. "Konsumen kurang tertarik untuk pembelanjaan pada PC karena ada produk dan layanan teknologi lainnya, seperti smartphone terbaru dan media tablet yang mereka beli," tambahnya.

Tren di pasar menujukkan penjualan PC mengalami kejenuhan. Hewlett-Packard terus menjadi penjual PC teratas dengan 14,9% pangsa pasar meskipun pengiriman globalnya turun 12,1%. Dibuntuti ketat oleh Lenovo dengan pangsa 14,7% dan Acer Group ke-3 dengan pangsa 11% dan ke-4 Dell dengan pangsa pasar 10,7%.

Gartner menyebutkan bahwa ekspansi agresif Lenovo merusak kinerja pesaingnya, yaitu HP dan Dell, dengan mengambil pangsa pasar dari mereka. Di pasar AS, HP berada di teratas dengan pangsa pasar 25%, diikuti oleh Dell pada 21,7% dan Apple 12%,

 Sebuah laporan terpisah pekan lalu oleh ABI Research mengatakan, komputer tablet diperkirakan menyalip PC notebook pada 2016 karena konsumen beralih ke perangkat yang lebih baru seperti iPad Apple. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)