Kuliner Go-Food Festival Lolos Uji Mutu Balai BPOM

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (Balai BPOM) Jakarta memberikan bimbingan teknis, pendampingan dan pengujian terhadap kualitas kuliner yang disajikan 80 pedagang (merchant) kuliner di kawasan Go-Food Festival yang menempati area kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sukriadi Darma, Kepala Balai BPOM Jakarta, menyebutkan, pihaknya memberikan bimbingan teknis kepada merchant Go-Food Festival untuk menjamin mutu dan keamanan kuliner yang nantinya dikonsumsi oleh konsumen selama berlangsungnya Asian Games 2018. “Balai BPOM Jakarta selama sepekan memberikan pendampingan, sterilisasi, menguji mutu serta higienitas makanan dan minuman di Go-Food Festival. Hasilnya, kami menjamin makanan dan minuman pedagang kuliner di Go-Food Festival itu aman karena telah diuji Balai BPOM Jakarta,” ungkap Sukriadi melalui sambungan telepon di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Balai BPOM Jakarta, menurut Sukriadi, telah menempelkan stiker aman pangan di gerai merchant  tersebut.  “Kami pada Jum’at pekan lalu sudah menempel stiker di beberapa merchant sebagai simbol seluruh merchant telah diuji dan suguhan yang disajikan sesuai standar kesehatan,” jelas Sukriadi. Balai BPOM Jakarta memberikan topi dan celemek kepada para merchant. “Fungsi topi dan celemek ini agar tidak ada rambut atau bahan-bahan non pangan yang terjatuh ke bahan-bahan makanan dan minuman,” Sukriadi menambahkan.

Peserta Go-Food Festival merupakan pedagang kuliner UMKM dari 10 kota. Acara ini berlangsung sejak Mei 2018 hingga akhir tahun ini. Nah, kebetulan acara itu berbarengan dengan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang yang berlangsung pada 18 Agustus- 2 September 2018.

Selama berlangsungnya Asian Games, Go-Food Festival akan berubah nama menjadi Asian Festival. Rencananya, Balai BPOM Jakarta mendirikan posko (stand) di area Go-Food Festival dan menyiagakan mobil laboratorium di area GBK Jakarta untuk mendukung keamanan pangan selama berlangsungnya pesta olahraga terbesar di Asia. “Kuliner aman dan higienis di area ini telah dijamin sehingga aman untuk dikonsumsi volunteer, atlet, atau official Asian Games,” pungkas Sukriadi. Adapun, area GBK merupakan kawasan terbatas yang hanya bisa diakses oleh atlet, official, dan relawan Asian Games.

Go-Jek mengapresiasi Balai BPOM Jakarta yang memberikan stiker aman pangan dan penyuluhan keamanan pangan kepada para merchant yang berpartisipasi di Go-Food Festival/Asian Festival itu. “Stikerisasi aman pangan ini membuktikan bahwa kuliner yang dihadirkan oleh Go-Food Festival tidak hanya enak dan berkualitas tetapi juga aman,” kata VP Corporate Communications Go-Jek, Michael Say, dalam pernyataan tertulis.

Michael mengemukakan Go-Jek dan para merchant Go-Food Festival di GBK Jakarta itu sangat antusias bisa berpartisipasi dan mendukung Asian Games 2018. “Dukungan konkrit merchant adalah menyediakan kuliner khas nusantara  yang sudah diuji dan sesuai standar aman pangan oleh Balai BPOM Jakarta,” tutur Michael.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)