Laba Bersih Emiten Teknologi Tumbuh 33,5 Persen

Randy Kartadinata, Direktur MTDL

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), perusahaan penyedia solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), membukukan laba bersih di Kuartal I/2019 sebesar Rp 85,63 miliar, atau meningkat 33,5 persen dibanding periode yang sama tahun 2018. Kinerja positif tersebut ditunjang oleh tingginya kesadaran akan perlunya transformasi digital ke arah revolusi industri 4.0.

Pada periode itu, penjualan MTDL tumbuh sebesar 8,2 persen, atau mencapai Rp 3,2 triliun. β€œHal ini menunjukkan kuatnya jaringan distribusi MTDL yang ditopang oleh efisiensi usaha, diversifikasi bisnis yang baik serta pengalaman di industri TIK lebih dari 40 tahun,” ungkap Randy Kartadinata, Direktur MTDL dalam pernyataan di Jakarta, Senin pekan ini.

Kinerja positif tersebut tentunya tidak terlepas dari upaya ketiga unit bisnis utama MTDL, yaitu Distribusi, Solusi, dan Konsultasi. Dari unit bisnis Distribusi di bawah pengelolaan anak usaha MTDL yaitu PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), terdapat peningkatan penjualan produk-produk high-end IT dengan harga yang lebih tinggi. MTDL terus menambah diversifikasi produk yang dijualnya. Saat ini sudah lebih dari 80 jenis merek yang dijual dengan beragam jenis kebutuhan TIK.

Selain itu, dalam upaya mendukung para klien MTDL ke arah solusi terpadu Internet of Things (IoT) dan otomatisasi yang jadi bagian dari roadmap industri 4.0, MTDL melalui SMI juga telah bekerjasama dengan Intel Corporation untuk mengembangkan kreasi lokal para developer di Indonesia melalui kompetisi pengembangan solusi berbasis Internet of Things platform Intel Corporation yang disebut OpenVINO.

MTDL juga telah membangun aplikasi yang beradaptasi dengan perubahan cara pembelian melalui konsep e-Commerce. Jadi, aplikasi penjualan B2B (Business to Business) maupun B2G (Business to Government) sudah disiapkan bagi para mitra untuk membantu peralihan proses penjualan manual kepada konsep ECommerce tersebut.

Sementara itu, unit bisnis Solusi MTDL di bawah entitas anak PT Mitra Integrasi Informatika (MII) terus mengembangkan kemampuan teknologi untuk membantu para pelanggan korporat dalam melakukan transformasi digital. Untuk itulah, MTDL melalui MII telah bermitra dengan berbagai pihak untuk menjual solusi kepada para pelanggan, mulai dari layanan Cloud, Big Data & Analytics, Digital Business Platform, IT Security, dan masih banyak lagi dengan tujuan menyediakan solusi digital bagi para pelanggannya.

Perubahan gaya hidup manusia yang serba sibuk telah menuntut dibukanya berbagai jalur komunikasi kepada pelanggan, bukan hanya melalui suatu channel konvensional, counter customer service atau melalui telepon, namun para pelanggan telah beralih menggunakan kanal media sosial yang tidak terbatas pada jam operasional perseroan. MTDL melalui anak usahanya, MII juga telah menyediakan kepada para pelanggan korporatnya, suatu sistem tanggapan yang efisien yang dibangun di atas social media, sehingga tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan pelanggan dapat dilakukan secara otomatis (tanpa manusia) dari sistem aplikasi yang dibangun.

Hal ini dilakukan melalui solusi teknologi conversational services yang menerapkan Artificial Intelligence (AI) yang umum dikenal sebagai chatbot. Dengan chatbot tersebut teknologi AI memampukan menjawab pertanyaan dari pelanggan senatural mungkin selayaknya melakukan chat dengan manusia.

Selain itu, unit bisnis Solusi juga menyediakan suatu solusi bagi para pelanggan korporatnya yang mampu menghubungkan aplikasi Core System Internal para pelanggannya dengan aplikasi transaksi para mitra usahanya. MTDL menerapkan aplikasi penghubung yang agile (lincah) dan efisien, walaupun kedua aplikasi dari kedua pihak tersebut dibangun dalam bahasa pemrograman yang berbeda. Hal ini tentunya akan membantu pelanggan dalam mempercepat transaksi serta akurasi, yang ujungnya meningkatkan bisnis mereka.

Pertumbuhan usaha MTDL ini tentunya tidak bisa dibangun tanpa adanya dukungan sumber daya manusia yang andal. Didukung oleh lebih dari 600 orang konsultan TIK dalam proses implementasi aplikasi dan jasa TIK, MTDL juga memberikan jasa kepada para pelanggan korporatnya sebanyak 420 developer dan 800 technical support yang ditempatkan di kantor pelanggan korporat.

Randy menambahkan semua upaya di atas menunjukkan aktifnya MTDL dalam meningkatkan kinerja melalui upaya mendukung para pelanggan dan mitra dalam melakukan transformasi digital, baik dari sisi infrastruktur, peralatan dan perlengkapan TIK, maupun dari sisi solusi dan konsultasi agar para pelanggan dapat meningkatkan usahanya berbasis TIK.” Kami optimis pertumbuhan usaha MTDL tahun ini bisa mencapai peningkatan penjualan dan laba bersih yang signifikan dibanding tahun sebelumnya,” ujar Randy. harga saham MTDL pada 30 April 2019 di level Rp 1.080, naik sebesar 27,81 persen dari Rp 845 di 2 Januari tahun ini (year to date).

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)